18 Kawasan Industri Bakal Serap 900 Ribu Tenaga Kerja

- Selasa, 5 November 2019 | 11:07 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Kemenperin).
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Kemenperin).

Pemerintah Joko Widodo- Ma'ruf Amin, terus memacu pembangunan kawasan industri di berbagai daerah. Hal ini terkait dengan upaya menjaga ketersediaan bahan baku dan sektor strategis dalam negeri. 

Paling tidak, sebanyak 18 kawasan industri di luar Jawa, diharapkan sudah dapat beroperasi hingga akhir tahun 2019. Ke-18 kawasan industri tersebut, berpotensi menarik investasi sebesar Rp250 triliun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 900 ribu orang.

Ke-18 kawasan industri luar Jawa itu, berlokasi di Lhoukseumawe, Ladong, Medan, Tanjung Buton, Landak, Maloy, Tanah Kuning, dan Bitung. Selanjutnya di Kuala Tanjung, Kemingking, Tanjung Api-api, Gandus, Tanjung Jabung, Tanggamus, Batulicin, Jorong, Buli, dan Teluk Bintuni.

"Kami fokus terhadap pengembangan kawasan industri di luar Pulau Jawa, guna mewujudkan visi Indonesia sentris," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain memacu kawasan industri, Menteri Perindustrian menegaskan, bakal terus memperluas akses pasar ekspor untuk industri manufaktur. Sebab, selama ini produk pengolahan nonmigas menjadi andalan dalam pencapaian nilai ekspor nasional.

"Misalnya kita perluas pasar ekspor ke negara-negara potensial seperti di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika,” katanya dalam keterangannya, Selasa (5/11).

Menperin Agus menyatakan, produk-produk manufaktur konsisten memberikan kontribusi terbesar tehadap nilai pengapalan Indonesia. 

"Artinya, produk kita sudah memenuhi standar sehingga mampu kompetitif di kancah internasional,” ujarnya.

Sepanjang Januari-September 2019, nilai pengapalan produk sektor manufaktur menembus hingga US$93,7 miliar atau menyumbang 75,51 persen, terhadap total ekspor nasional yang mencapai US$124,1 miliar. 

 

Artikel Menarik Lainnya:
 

Sofyan Basir Bebas, ICW Dorong Jaksa KPK Ajukan Kasasi

Perekonomian Indonesia Lebih Kinclong dari Singapura hingga Jerman

Naik 8,51 Persen, Ini Daftar Lengkap UMP 2020 di 34 Provinsi

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X