Jokowi Minta Percepat Rehabilitasi Infrastruktur di Wamena

- Senin, 28 Oktober 2019 | 16:05 WIB
Presiden Jokowi (kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) meninjau kondisi Pasar Wouma yang terbakar saat kerusuhan lalu di Wamena, Senin (28/10). (Antara/Marius Wonyewun)
Presiden Jokowi (kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) meninjau kondisi Pasar Wouma yang terbakar saat kerusuhan lalu di Wamena, Senin (28/10). (Antara/Marius Wonyewun)

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur di Wamena, Papua. Jokowi ingin banguna-bangunan penting yang hancur akibat kerusuhan segera direhabilitasi. 

Jokowi pun sudah menghabiskan tiga hari meninjau kondisi Papua, khususnya Wamena. Presiden bahkan telah meninjau langsung Pasar Wouma, Wamena, yang menjadi sasaran amukan massa.

"Pasar Wouma ini merupakan pasar di mana rakyat, masyarakat menjual produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat di Wamena dan sekitarnya. Sehingga ini kita berikan prioritas, didahulukan," kata Jokowi seusai peninjauan, Senin (28/10).

Jokowi menargetkan rehabilitasi Pasar Wouma rampung dalam dua pekan. Pihak yang akan mengerjakan perbaikan pasar tersebut adalah dari Zeni TNI.

"Insya Allah selesai dua pekan. Sudah langsung bisa dipakai, sehingga kegiatan ekonomi yang di pasar ini kembali pulih secepat-cepatnya," ujar Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan jajarannya merehabilitasi rumah warga maupun ruko yang rusak akibat kerusuhan. Perbaikan rumah warga akan dikerjakan secara swakelola oleh Zeni dengan BUMN.

"Ini kita ingin semuanya dikerjakan cepat, kembali semuanya normal, ekonomi juga bergerak kembali normal. Saya kira itu yang kita harapkan di Wamena. Bukan hanya ekonomi di Wamena dan sekitarnya, kita harapkan di Tanah Papua juga sama. Saya mengecek beberapa di Papua Barat, di sini, akan normal kembali," tutur Jokowi.

Adapun untuk rehabilitasi kantor Bupati bakal dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hingga saat ini perbaikan tersebut masih dalam proses.

"Saat ini yang penting cepat dikerjakan, anggarannya dari (Kementerian) PU," kata Jokowi. (SN)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X