Indeks Manufaktur Indonesia Merosot, Jokowi Perintahkan Menteri Cari Solusi

- Rabu, 6 Mei 2020 | 15:04 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: ANTARA/Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (Foto: ANTARA/Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dampak perekonomian Indonesia sangat terpukul dengan adanya masalah pandemi virus Corona atau Covid-19, yakni dari sisi permintaan, penawaran, serta dari produksi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa imbas pandemi virus corona berdampak pada indeks manufaktur Indonesia (PMI) pada April 2020 yang merosot dalam jika dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN.

"Indonesia di level 27,5, lebih rendah dibanding Korea Selatan 41,6. Malaysia 31,3, Vietnam 32,7, Filipina 31,6," ucap Jokowi dalam video conference, Rabu (6/5/2020).

Mengenai hal tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta kepada seluruh jajarannya untuk mencarikan solusi, dan juga jalan yang bisa diperbaiki.

"Untuk itu saya minta menteri bidang ekonomi perhatikan angka-angka yang saya sampaikan secara detail," ungkapnya.

Dengan mencari solusi terhadap sektor dan subsektor untuk memperbaiki masalah tersebut, Jokowi berharap program stimulus ekonomi yang telah dirancang dapat berjalan baik dan tepat sasaran.

"Sehingga program stimulus ekonomi harus kita buat dan tepat sasaran. Dan mulai merancang skenario pemulihan," tutup Jokowi.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X