Peristiwa 16 Agustus: Penculikan Soekarno - Hatta ke Rengasdengklok

- Minggu, 16 Agustus 2020 | 09:17 WIB
Peristiwa Rengasdengklok. (Wikipedia)
Peristiwa Rengasdengklok. (Wikipedia)

Sejarah hari ini, 75 tahun yang lalu atau tepatnya 16 Agustus 1945, terjadi peristiwa penculikan Ir Soekarno dan Moh Hatta yang dilakukan oleh sejumlah pemuda. Penculikan itu bertujuan untuk menjauhkan Bung Karno dan Bung Hatta dari pengaruh Jepang ke luar kota.

Saat itu, sekitar pukul 03.00 WIB, Soekarno dan Hatta dibawa oleh Sukarni, Yusuf Kunto, dan Singgih ke Rengasdengklok (Kabupaten Karawang) tempat Cudan (Kompi) PETA yang dikomandani Cudanco Subeno. Untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Hingga kemudian terjadi kesepakatan antara antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan terutama setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik.

Namun menghadapi desakan tersebut, Soekarno dan Hatta tak berubah penderian. Peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta baru berakhir setelah Ahmad Subardjo memberikan jaminan bahwa proklamasi segera dikumandangkan paling lambat keesokan harinya.

Cudanco Subeno pun bersedia melepaskan Bung Karno dan Bung Hatta. Pada hari itu juga Bung Karno dan Bung Hatta kembali ke Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X