UAS Tak Setuju Catur Dianggap Olahraga: Ketua Persatuan Catur Marah, Terserah!

- Selasa, 23 Maret 2021 | 13:45 WIB
Ustaz Abdul Somad (UAS). (YouTube)
Ustaz Abdul Somad (UAS). (YouTube)

Ustaz Abdul Somad (UAS) punya pandangan tersendiri mengenai catur. Ustaz asal Sumatera Barat itu tidak setuju catur dianggap olahraga.

Menurutnya, yang disebut olahraga itu adalah olahraga yang memerlukan gerakan tubuh, dan catur ia anggap tidak memenuhi prasyarat itu.

UAS bahkan tidak peduli jika pendapatnya membuat Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) marah.

"Menghilangkan waktu berhari-hari. Saya sampai hari ini masih belum setuju kalau catur itu olahraga. Olah-raga. Lari, oke. Lempar lembing, oke. Renang, oke. Tapi termenung sampai 3 jam. Itu, bahwa ketua persatuan catur marah sama saya terserahlah, saya tidak setuju," ujarnya, seperti disimak Indozone pada tayangan berjudul 'Hukum Main Domino dan Catur, Ustaz Abdul Somad Lc. MA' yang ditayangkan kanal YouTube Teman Ngaji pada 26 Juli 2017.

UAS juga tidak menolerir bahwa catur adalah olah pikir. Sebab menurutnya masih banyak yang lebih perlu untuk dipikirkan ketimbang bermain catur.

"Ngabiskan waktu. Banyak lagi yang perlu kita pikirkan. Memikirkan politik, memikirkan bagaimana anak. Ini yang dipikirkan cemana pion-pion ini bisa selamat," katanya.

UAS juga menganggap bahwa masih banyak olahraga lain yang dapat menunjukkan bukti ketangkasan seseorang.

"Banyak ketangkasan yang lain. Outbond itu ketangkasan, lomba tembak menembak itu ketangkasan," katanya.

Sebelum menyampaikan itu, UAS mula-mula menjawab pertanyaan seseorang soal boleh atau tidak bermain domino.

"Maaf, Taz, boleh nggak mau main domino, untuk mengisi luang biasanya 17 Agustus?" kata si penanya.

Sebelum menjawab pertanyaan itu, UAS menyadari bahwa rekaman dari jawabannya mungkin berbahaya, sambil mengucek-ngucek mata.

UAS kemudian mengatakan bahwa catur dan dadu adalah haram. Ia merujuk Mazhab Hanafi dalam menyampaikan pendapatnya.

"Mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur," ujarnya, seperti disimak Indozone pada tayangan berjudul 'Hukum Main Domino dan Catur, Ustaz Abdul Somad Lc. MA' yang ditayangkan kanal YouTube Teman Ngaji pada 26 Juli 2017. 

UAS menyampaikan bahwa ada dua alasan mengapa catur dan dadu haram. Pertama, karena permainan tersebut membuat orang menjadi lalai akan salat.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X