Viral Video Kapal di Atas Rumah yang Jadi Saksi Bisu Tsunami Aceh 2004

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 00:32 WIB
Cuplikan video saat memperlihatkan kapal-kapal yang terbawa gelombang tsunami ke daratan Aceh. (photo/TikTok/@itsbanuun)
Cuplikan video saat memperlihatkan kapal-kapal yang terbawa gelombang tsunami ke daratan Aceh. (photo/TikTok/@itsbanuun)

Pada 26 Desember 2004, gempa besar dengan magnitudo 9,3 mengakibatkan tsunami yang melanda wilayah Aceh.

Pada saat itu, masyarakat Aceh merasakan kepedihan  yang sangat mendalam akibat kehilangan keluarga, kerabat, tetangga, dan teman dekat.

Bahkan banyak kapal yang terbawa arus tsunami saat bencana itu terjadi, ke daratan hingga tak bisa dipindahkan karena terlalu berat.

Salah satunya yang dijadikan warisan dan saksi dahsyatnya bencana tersebut adalah Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Apung (PLTD) Apung.

Punya bobot 2.600 ton, saat tsunami terjadi, kapal ini terseret sejauh 5 kilometer dari pelabuhan ke pusat kota, dan kini telah menjadi tempat wisata edukasi mengenai peristiwa tsunami.

Nah, belakangan ini viral video yang memperlihatkan beberapa kapal yang masih berada di daratan aceh bahkan tersangkut diatas rumah warga.

Hal tersebut diunggah oleh akun itsbanuun, Selasa (6/10) di TikTok, yang menampakkan suasa kapal-kapal itu saat ini.

"Rata-rata kapal terseret ke pemukiman kota, di tengah rumah warga, ga kebayang kan gimana besar dan kuatnya si gelombang tsunami ini," tulisnya pada ungghaan itu.

Hingga kini video tersebut telah ditonton hingga 1,6 juta kali di internet dan mendapatkan berbagai komentar dari netizen.

"Begitu dahsyatnya kekuatan Allah tiada yang menandingi," kata akun  netizen_biasa.

"Asli mewek, inget mediang sahabat 1 hari sebelum tsunami, call aku cuma mau bilang minta maaf, maat yang terakhir," ujar akun dwiewirahmawati.

"Ga kebayang pas tsunami, warga yang tinggal disitu gimana nasib dan kabarnya," tutur akun heyexxx1.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X