Arab Saudi Tetap Gelar Haji Tahun Ini, Begini Tanggapan Menag Fachrul Razi

- Selasa, 23 Juni 2020 | 09:20 WIB
Menteri Agama Fahrul Razi (ANTARA)
Menteri Agama Fahrul Razi (ANTARA)

Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi keputusan Pemerintah Arab Saudi untuk membuka ibadah haji 2020 secara terbatas, yakni hanya untuk warga negara Arab Saudi dan warga negara asing yang berdomisili di sana.

"Atas nama pemerintah, saya selaku Menteri Agama mengapresiasi keputusan Saudi yang mengedepankan keselamatan jemaah dalam penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M," ucap Fachrul dalam keterangannya, Selasa (23/06/2020).

Menurut Menag, di tengah pandemi, keselamatan jemaah patut dikedepankan. Apalagi, agama mengajarkan bahwa mencegah kerusakan harus dikedepankan dari meraih kemanfaatan. Karenanya, saat ini, berikhtiar menjaga keselamatan jemaah adalah hal utama. 

Baca juga: Tetap Gelar Haji 2020, Ini Jamaah yang Bisa Lakukan Ibadah Haji di Tanah Suci

"Keputusan Saudi sejalan dengan dasar pembatalan keberangkatan jemaah Indonesia yang  diumumkan 2 Juni lalu, yaitu keselamatan jemaah haji," ungkapnya.

Seperti diberitakan, Kedutaan Besar RI di Riyadh yang mengutip dari pernyataan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan ibadah haji 2020 akan tetap diselenggarakan.

"Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memutuskan ada pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M," seperti yang tertulis dalam keterangannya.

Namun sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan haji 2020 demi menjaga keselamatan dan kesehatan jamaah dari penyebaran virus corona.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X