Ruben Onsu Memasukkan Karyawan ke Dapur I Am Geprek Bensu, Hendak Curi Resep?

- Sabtu, 13 Juni 2020 | 18:51 WIB
Ruben Onsu pemilik Geprek Bensu (Instagram/@ruben_onsu)
Ruben Onsu pemilik Geprek Bensu (Instagram/@ruben_onsu)

Polemik gugatan hak merek dagang Geprek Bensu yang dilayangkan oleh Ruben Onsu terus memanas. Beredar isu bahwa Jordi Onsu, adik dari Ruben Onsu mempekerjakan karyawan di dapur I Am Geprek Bensu untuk meniru resep.

Kuasa hukum Benny Sujono, Eddie Kusuma, mengonfirmasi isu tersebut. Dia menyebut bahwa Jordi pernah meminta agar karyawan kakaknya dipekerjakan di restoran I Am Geprek Bensu.

"Betul (Jordi minta memperkerjakan karyawannya di bagian dapur I Am Geprek Bensu). Kami tidak menuduh atau tidak memfitnah ya," kata Eddie dalam konferensi pers di kawasan Pencenongan, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020).

Eddie menuturkan bahwa karyawan Ruben kemudian ikut berhenti bekerja, setelah Jordi hengkang dari jabatannya sebagai manajer operasional.

"Salah satu karyawannya yang dimasukin itu, begitu dia (Jordi) keluar, ini juga orang keluar yang ditugaskan sebagai chief leader di Bensu sana," katanya.

"Sebelumnya itu dia adalah chief dari sebuah perusahaan 'Besar', Bensu dan Sarwendah'. Masukkan ke tempat kita tau-tau keluar tanpa pamit ikut sekaligus,"tambahnya.

Dugaan bahwa Ruben Onsu meniru resep I Am Geprek Bensu bahkan ada dalam salinan putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

-
Paket makanan di I Am Geprek Bensu (Instagram/@iamgeprekbensu_official)

"Jordi Onsu meminta agar satu orang karyawannya dapat dipekerjakan di bagian dapur atau sebagai quality control dari bisnis makanan merek "I Am Geprek Bensu Sedep Bener/Beneerrr"," tulis keterangan dalam salinan putusan tersebut.

"Patut diduga, dipekerjakannya karyawan di bagian dapur atau sebagai quality control adalah untuk mengetahui formula ataupun resep dan cara memasak menu makanan dari bisnis makanan "I Am Geprek Bensu Sedep Bener/Beneerrr" yang sangat digemari oleh masyarakat luas di Indonesia," lanjutan salinan putusan.

Sementara itu, Jordi Onsu yang didampingi tim kuasa hukumnya, Minola Sebayang, membantah kabar tersebut. Jordi mengatakan ikut meracik resep Geprek Bensu.

Dari sisi hukum, Minola Sebayang menjelaskan kronologis serta bukti-bukti yang merujuk bahwa Ruben Onsu telah secara sah mendapatkan hak paten atas nama Bensu, yang merupakan singkatan dari Ruben Onsu dari pengadilan negeri Jakarta Selatan. 

"Sudah merupakan pengetahuan umum, dan itu diketahui oleh umum, bahwa nama Bensu itu pasti adalah Ruben Onsu. Sehingga kami yakin sekali, di Nusantara ini tidak ada orang yang menggunakan nama Bensu selain Ruben Onsu," ujar Minola.

Ia pun menceritakan, dalam usahanya untuk mem-patenkan merek geprek Bensu, pihaknya mendapat sedikit hambatan, di mana proses yang dilakukan sangat panjang.

-
Jordi Onsu dan tim kuasa hukumnya (Indozone/Sigit Nugroho)

Di satu sisi, keberadaan restoran geprek Bensu sendiri ternyata di luar dugaan menjadi sukses dan terkenal. Di situlah mulai terjadi momentum di luar perhitungan yang prosesnya sangat cepat.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X