Beasiswa OSC 2020 Resmi Diluncurkan, Nadiem Makarim Sampaikan Wejangan ke Peserta

- Jumat, 28 Agustus 2020 | 11:17 WIB
Online Scholarship Competition kembali hadir di tahun 2020 ini (photo/Online Scholarship Competition)Online Scholarship Competition
Online Scholarship Competition kembali hadir di tahun 2020 ini (photo/Online Scholarship Competition)Online Scholarship Competition

Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id kembali digelar tahun ini dan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Dalam sambutannya, Nadiem menyebut, kehadiran OSC Medcom.id merupakan wujud nyata kontribusi swasta dalam memajukan pendidikan nasional dan memegang peran penting bagi keberlanjutan pendidikan di Tanah Air.

"Kehadiran OSC yang selama enam tahun berturut-turut telah membantu mewujudkan generasi muda untuk mengenyam di pendidikan tinggi yang tentunya ini peran yang sangat penting," ujar Nadiem dalam Peluncuran OSC Medcom.id yang digelar secara daring, Kamis, 27 Agustus 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada program kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang digagas Medcom.id ini. Menurutnya, program tersebut merupakan wujud nyata kontribusi sektor swasta dalam mendukung pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Saya bangga dan berterima kasih, karena ini adalah perwujudan komitmen sektor swasta untuk sama-sama membangun kualitas SDM Indonesia," ucap Nadiem.

-
Beasiswa S2 yang juga ada di Online Scholarship Competition (photo/Online Scholarship Competition)

Lulusan Harvard University ini berharap, program serupa OSC Medcom.id dapat menular, bertumbuh dan berkembang di berbagai sektor. Sehingga akselerasi pendidikan nasional dapat berjalan baik. Kepada para peserta yang nantinya dinyatakan berhak atas beasiswa, Nadiem mengucapkan selamat. Dia berharap beasiswa yang diraih peserta dapat digunakan untuk menggali ilmu sedalam mungkin.

"Kepada adik-adik penerima beasiswa jenjang S1 dan S2 Saya mengucapkan selamat. Merdekakan diri kalian untuk menggali ilmu, wawasan, dan pengalaman yang positif untuk mencapai cita-cita kalian. Jadikan tantangan sebagai peluang untuk semakin mematangkan potensi yang kalian miliki," seru Nadiem.

Program OSC tahun ini bakal berbeda dari penyelenggaran tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun ini, OSC memberikan kesempatan beasiswa tidak hanya untuk jenjang S1, namun juga pascasarjana (S2).

Untuk Program Sarjana (S1) sendiri, ada 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di delapan kota berbeda yang bekerja sama dengan Medcom.id sebagai penyedia beasiswa.

"Sedangkan untuk 60 beasiswa program S2 di tujuh PTS mitra yang juga akan menyediakan beasiswa," kata CEO Media Group Mirdal Akib.

-
Online Scholarship Competition juga ada Try Out (photo/Online Scholarship Competition)

Sementara itu, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata menambahkan, bahwa tahun ini OSC sudah memasuki tahun ke-6 penyelenggataannya. Artinya, sudah enam tahun pula OSC Medcom.id bersama mitra Perguruan Tinggi Swasta yang menyediakan beasiswa telah berkontribusi pada dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Tahun ini, meskipun di tengah pandemi, OSC berusaha tetap menghadirkan beasiswa perguruan tinggi, untuk seluruh anak negeri yang layak mendapatkannya.

"Karena pandemi, mimpi anak bangsa tak boleh terkubur," tegas Kania.

Dengan diluncurkannya OSC, artinya peserta sudah bisa langsung mendaftarkan diri pada hari ini, Kamis, 27 Agustus 2020. Untuk mengetahui informasi pendaftaran OSC dan melihat daftar PTS yang menyediakan beasiswa, Sobat Medcom bisa melihat melalui link https://osc.medcom.id/tentang.

Di tahun ini OSC hadir dengan berbagai fitur baru, seperti :
1. OSC Pasca Sarjana / S2, dengan 60 beasiswa dari tujuh perguruan tinggi yang tersebar di pulau Jawa
2. BIMBEL SMARRT belajar online, yang menggunakan YouTube sebagai platform pembelajarannya
3. Try Out Online, sebanyak tiga kali di Oktober mendatang

-
Alur pendaftaran Online Scholarship Competition (photo/Online Scholarship Competition)

Berikut tahapan seleksi OSC Medcom.id 2020 :
1. Seluruh peserta OSC baik untuk beasiswa S1 dan S2 dapat mendaftarkan diri di laman OSC.medcom.id, mulai hari ini, 27 Agustus hingga 3 November 2020

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X