Waspada Virus Nipah di Indonesia, Begini Saran DPR ke Pemerintah

- Jumat, 29 Januari 2021 | 09:57 WIB
Ilustrasi virus. (Freepik/Sebdesk)
Ilustrasi virus. (Freepik/Sebdesk)

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, muncul lagi virus Nipah yang ditularkan ke manusia dari hewan ternak dan juga dapat ditularkan melalui makanan yang sudah terkontaminasi. Bahkan, virus tersebut sudah ditemukan di negeri jiran Malaysia.

Mengenai hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen meminta pemerintah untuk mengontrol arus masuk Warga Negara Asing (WNA). Terutama WNA dari Malaysia, Singapura, Bangladesh dan negara-negara lain. 

“Jadi, memang harus dikontrol, dikarantina, serta diperketat sesuai protokol kesehatan yang ada,” kata Nabil kepada Indozone, Jumat (29/1/2021).

Nabil melanjutkan masyarakat juga harus waspada dengan virus Nipah ini. Seperti halnya tetap menjaga kebersihan sebagaimana yang diterapkan di masa pandemi Covid-19 ini.

Pasalnya badan kesehatan dunia atau WHO menyampaikan warning terkait virus Nipah, utamanya ditemukan di Malaysia, Singapura dan Bangladesh.

“Merupakan hal penting untuk menjaga keselamatan diri dari virus yang ada,” bebernya.

Perlu diketahui, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, para ahli berusaha untuk memastikan virus Nipah tidak menjadi pandemi selanjutnya. 

Dikutip dari laman WHO, Kamis (28/1/2021), virus Nipah adalah penyakit zoonosis yang ditularkan ke manusia dari hewan, dan juga dapat ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung dari orang ke orang.

Virus Nipah disebut lebih mematikan dari Covid-19. Tingkat kematiannya sangat tinggi yaitu mencapai 75%. Hingga kini belum ada obat dan vaksinnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X