The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Heboh Suara Dentuman di Jakarta, BMKG Pastikan Bukan dari Gempa Bumi
Ilustrasi petir. (Foto: Unsplash/Micha Mancewicz)
News

Heboh Suara Dentuman di Jakarta, BMKG Pastikan Bukan dari Gempa Bumi

Diduga suara aktivitas petir.

Senin, 21 September 2020 08:47 WIB 21 September 2020, 08:47 WIB

INDOZONE.ID - Malam tadi kawasan Jakarta dihebohkan dengan munculnya suara dentuman. Berbagai spekulasi pun bermunculan hingga menjadi trending topic di twitter.

Menanggapi hal itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menduga suara dentuman yang terdengar di sebagian wilayah Jakarta berasal dari aktivitas petir di sekitar kawasan Gunung Salak Bogor.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, berdasarkan monitoring lightning detector waktu terjadinya dentuman bertepatan dengan aktivitas petir yang terjadi di kawasan Gunung Salak sekitar pukul 19.00-21.00 WIB.

"BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur," ujar Daryono seperti dilansir Antara, Minggu (20/9/2020).

"Namun demikian, acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," kata Daryono menambahkan.

Awalnya, BMKG mencoba menelusuri suara dentuman lewat analisa gempa. Sebab, gempa dengan kedalaman sangat dangkal dapat menimbulkan suara dentuman.

Namun setelah dicek, BMKG tak mencatat adanya aktivitas seismik di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Maka dengan kecocokan waktu, BMKG menduga suara itu berasal dari petir di sekitar Gunung Salak.

"Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US