Mendikbud Ingin Guru PAUD, SD dan SLB Mendapatkan Prioritas Vaksinasi

- Rabu, 10 Maret 2021 | 19:11 WIB
Guru mengecek suhu tubuh siswa saat memasuki SD N Simbangdesa 1, Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021).(ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Guru mengecek suhu tubuh siswa saat memasuki SD N Simbangdesa 1, Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021).(ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pemerintah ingin memprioritaskan vakasinasi Covid-19 kepada guru dan tenaga pendidik yang mengajar tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), dan sekolah luar biasa (SLB).

"Kita akan mulai dengan guru-guru jenjang PAUD, SD, SLB dan sederajat. Baru setelah itu terpenuhi kita maju ke SMP, SMA, SMK,.Baru setelah itu perguruan tinggi, jadi yang kecil dulu," ungkap Nadiem saat raker dengan Komisi X DPR RI, Rabu (10/3/2021).

Nadiem menjelaskan mengapa pengajar tingkat dasar menjadi fokus. Dikarenakan, pada tingkat inilah proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) sulit dilaksanakan serta tingkat penulanan Covid-19  di usia ini lebih kecil dibandingkan orang dewasa.

"Kenapa kita fokus ke kecil dulu karena yang paling kecil yang paling susah lakukan PJJ dan juga tingkat penularan semakin muda itu secara scientific, dari semua riset yang kita lihat di dunia, semakin muda tingkat penularannya semakin kecil antara anak ke anak itu semakin kecil itu," ujarnya.

Oleh sebab itu Nadiem berharap proses vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar sambil pemerintah pusat hingga daerah mempersiapkan metode pembelajaran secara tatap muka.

"Harapannya adalah walaupun sebelum vaksinasi ini, pendidik dan tenaga kependidikan pemerintah daerah diharapkan mengakselerasi pembelajaran tatap muka," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X