Skenario Relaksasi, Mal akan Kembali Dibuka Pada 8 Juni

- Minggu, 17 Mei 2020 | 22:23 WIB
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di ruangan salah satu mall Kota Tegal, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di ruangan salah satu mall Kota Tegal, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pemerintah masih mengkaji rencana untuk membuka kembali sejumlah fasilitas umum yang ditutup selama dua bulan terakhir karena pandemi corona.

Fasilitas umum yang rencananya akan dibuka adalah mal, pasar, pertokoan, hingga sekolah. Rencananya, pada tanggal 1 Juni publik bisa mendatangi fasilitas umum tersebut. Berikut lima fase yang akan diterapkan sejak awal Juni 2020.

Fase pertama: Pada 1 Juni 2020 membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing.

Fase kedua: pada 8 Juni 2020, toko, pasar, dan mal diperbolehkan beroperasi kembali.

Fase ketiga: 15 Juni 2020, tempat-tempat kebudayaan dan sekolah mulai dibuka kembali dengan menerapkan social distancing dan beberapa penyesuaian.

Fase keempat: 6 Juli 2020, difokuskan kepada evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti restoran hingga tempat ibadah.

Fase kelima: 20 Juli dan 27 Juli 2020, evaluasi fase keempat dan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal.

Sementara itu, Pemprov DKI juga berencana mengaktifkan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah tanggal 13 Juli 2020. Tapi, mekanisme penerimaan murid baru masih tetap dilakukan dari rumah atau secara online.

“Hari pertama sekolah masih mempertimbangkan kebijakan baik dari pusat ataupun daerah yang kami siapkan pada 13 Juli 2020," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, dalam rapat virtual bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Untuk mengantisipasi siswa yang tidak bisa mendaftar online. Nahdiana menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan layanan bantuan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X