The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Filipina Klaim Telah Sukses Menggelar SEA Games Terbesar
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
News

Filipina Klaim Telah Sukses Menggelar SEA Games Terbesar

Rabu, 11 Desember 2019 23:46 WIB 11 Desember 2019, 23:46 WIB

INDOZONE.ID - Ketua penyelenggara SEA Games 2019 Filipina Alan Peter Cayetano mengklaim negaranya telah berhasil melaksanakan SEA Games terbesar sepanjang sejarah ketika upacara penutupan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

"Filipina memiliki libur natal terpanjang di dunia. Natal tahun ini datang lebih awal. Kami warga Asia Tenggara, kami rakyat Filipina telah menunjukkan kepada dunia jika kami bisa melakukannya, dengan kualitas dunia, memecahkan banyak rekor SEA Games, dan menggelar SEA Games terbesar sepanjang sejarah," kata Cayetano di Stadion Atletik, Filipina, Rabu (11/12).

Filipina telah menggelar 530 ajang pertandingan dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan di empat klaster yang terletak di Pulau Luzon yaitu Metro Manila, Clark, Subic/Olongapo dan klaster keempat yang terdiri dari beberapa venue terpisah.

Ini merupakan kali keempat bagi Filipina menjadi tuan rumah SEA Games. Tiga edisi sebelumnya digelar pada 1981, 1991 dan 2005.

Filina tak tersentuh di pucuk tabel perolehan medali meninggalkan Vietnam di peringkat dua dengan selisih 51 medali emas.

Cayetano pun menyebut negaranya telah berhasil menggelar SEA Games terbesar dan yang pertama mengadopsi standar tinggi untuk membuat ajang multi event berkelas dunia, meski pernyataan itu disampaikan di kompleks stadion yang belum sepenuhnya selesai, dengan sesekali tercium tak sedap dari perternakan ayam yang terletak tak jauh dari sana.

Penyelenggaraan ajang dua tahunan itu mampu selesai tepat waktu di tengah segala kekurangan mulai dari keluhan soal akomodasi media, atlet dan kontingen.

TAG
Kana
Kana

Kana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US