Propam Polda Metro Minta Polisi Bertugas di Pos Penyekatan PPKM Bersikap Humanis

- Jumat, 9 Juli 2021 | 13:08 WIB
Tangkapan layar sekumpulan orang diduga anggota Paspampres mendatangi Mapolres Metro Jakarta Barat. (Instagram/infokomando)
Tangkapan layar sekumpulan orang diduga anggota Paspampres mendatangi Mapolres Metro Jakarta Barat. (Instagram/infokomando)

Bidang Propam Polda Metro Jaya meminta seluruh polisi yang bertugas di pos-pos penyekatan PPKM Darurat untuk bersikap humanis dan lebih sopan kepada masyarakat. Imbauan ini disampaikan usai viralnya kasus polisi yang cekcok dengan Paspampres di pos penyekatan.

Menyikapi video viral yang memperlihatkan cekcok antara polisi dan Paspampres di pos penyekatan di Jakarta Barat, Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes Pol Bhirawa Braja Paksa menyebut polisi seharusnya bersikap humanis dan sopan.

"Kalau kita perhatikan dari video itu kan memang sikapnya marah-marah ya anggota kita itu. Memang kan di dalam melayani masyarakat seharusnya lebih humanis lebih sopan," kata Kombes Bhirawa saat dihubungi wartawan, Jumat (9/7/2021).

Bhirawa menyebut dalam aturan kepolisian, polisi tidak boleh bersikap arogan terhadap masyarakat. Hal tersebut juga berlaku kepada seluruh polisi termasuk polisi yang bertugas di pos-pos penyekatan.

"Ya kalau di dalam aturan kita, di dalam peraturan disiplin memang di dalam melayani masyarakat anggota Polri tidak boleh bersikap seperti itu ya," beber Bhirawa.

Lebih jauh dia menyebut pihaknya sudah sering sekali memberikan imbauan-imbauan kepada anggota polisi berkaitan dengan tingkah laku polisi kepada masyarakat.

"Imbauan sudah kita lakukan setiap hari baik saat mau melaksanakan tugas di lapangan dan juga secara media sosial seperti whatsapp grup dan kegiatan lain," kata Bhirawa.

BACA JUGA: Saat Ditangkap Polisi, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Masih Dipengaruhi Narkoba

Seperti diketahui, sebuah video viral di media sosial menampilkan cekcok antara seorang anggota Paspampres dengan polisi yang berpakaian preman. Insiden itu terjadi di pos penyekatan PPKM Darurat di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Insiden tersebut bermula saat seorang anggota Paspampres terkena penyekatan oleh polisi yang berpakaian preman saat itu. Anggota Paspampres itu enggan memperlihatkan kartu anggota Paspampres karena yang memeriksa berpakaian preman.

Buntut dari insiden ini, puluhan anggota Paspampres sempat mendatangi Polres Metro Jakarta Barat. Kapolres Metro Jakarta Barat sendiri sudah menyampaikan permintaan maafnya ke pihak Paspampres.
    

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X