The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Umat Islam Diminta Tak Perdebatkan soal Perbedaan Awal Ramadhan 2022
Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng Noor Fahmi (kedua kanan) melakukan pemantauan hilal (bulan) menggunakan teropong. (ANTARA/Makna Zaezar)
News

Umat Islam Diminta Tak Perdebatkan soal Perbedaan Awal Ramadhan 2022

Senin, 04 April 2022 09:27 WIB 04 April 2022, 09:27 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi meminta kepada umat Islam di Indonesia untuk tidak memperdebatkan perbedaan awal Ramadhan 1443 H yang terjadi pada tahun ini.

"Saya mengimbau kepada umat Islam untuk tidak mempertentangkan perbedaan awal Ramadhan 1443 H," kata Zainut dalam keterangannya kepada Indozone dikutip Senin (4/4/2022).

Zainut mengharapkan kepada semua Umat Islam bisa menerima adanya perbedaan awal Ramadhan ini dengan sikap bijak, penuh toleran, saling menghargai dan menghormati. Terpenting jangan dijadikan sebagai polemik, dan menjadikan proses pendewasaan dari perbedaan yang ada.

"Saya mengharapkan umat Islam untuk tidak menjadikan hal ini sebagai polemik, tetapi justru menjadikannya sebagai proses pendewasaan diri dalam menerima perbedaan pendapat yang dilandasi dengan rahmat dan persaudaraan," tegasnya.

BACA JUGA: Palsukan Tanda Tangan Jusuf Kalla, Arief Rosyid Resmi Dipecat Dewan Masjid Indonesia

Dia menjelaskan bahwa sejatinya perbedaan awal ramadhan sudah sering terjadi. Sehingga seharusnya umat Islam di Indonesia tidak kaget dengan situasi yang ada sekarang ini.

"Perbedaan seperti ini sudah sering terjadi. Saya yakin umat Islam Indonesia tidak kaget dan tidak akan mengganggu harmoni kehidupan bersama," beber Zainut.

"Saya mengajak seluruh umat Islam untuk mengisi bulan Ramadhan dengan ibadah dan amal perbuatan yang dapat meningkatkan ketakwaan dan kesalehan, baik kesalehan pribadi maupun kesalehan sosial," tambahnya.

Diketahui Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 H/2022 M jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Sementara penetapan tersebut berbeda dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah mengumumkan 1 Ramadhan 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 April 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US