The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Politikus PDIP Sebut Anggota DPR Terima Gaji Rp60 Juta Per Bulan
Anggota Komisi XI DPR, Masinton Pasaribu. (photo/Instagram/@masinton)
News

Politikus PDIP Sebut Anggota DPR Terima Gaji Rp60 Juta Per Bulan

Minggu, 19 September 2021 14:39 WIB 19 September 2021, 14:39 WIB

INDOZONE.ID - Politikus PDIP dan Anggota Komisi XI DPR, Masinton Pasaribu mengungkapkan bahwa anggota DPR menerima gaji sekitar Rp60 juta per bulan. Nominal itu diperoleh dari gaji pokok Rp4 juta dan tunjangan lainnya seperti tunjangan uang sidang, anak atau istri, tunjangan beras hingga tunjangan kehormatan.

"Kalau gaji pokok itu Rp4 jutaan lah perbulan, ada tunjangan istri, suami. Kalau perempuan, tunjangan anak, uang sidang, tunjangan jabatan, ada tunjangan beras untuk empat orang, tunjangan kehormatan dan kalau ditotal lebih kurang Rp60 juta lebih kurangnya," kata Masinton dalam diskusi virtual, Sabtu(18/9).

Ia melanjutkan, gaji itu diterima sama rata oleh semua anggota DPR, baik yang rajin hadir rapat maupun tidak. Sedangkan itu anggaran reses, ia menyebut tak secara otomatis ditransfer ke para anggota. Anggaran reses baru cair jika jelas program dan kegiatan apa yang dilakukan anggota tersebut.

"Kalau ini by program, pelaksanaannya diaudit dan dilaporkan ke DPR nah jadi kegiatan yang dibiayain kegiatan representasi anggota yaitu memang tidak otomatis, beda dengan gaji otomatis diterima, datang tidak datang itu diterima," beber Masinto.

Ia mengklaim, gaji pokok dan tunjangan yang diterima setiap anggota DPR sama rata, baik yang bekerja maupun yang diam saja.

"Ya UU-nya seperti itu, sama gaji dan tunjangannya sama," ungkapnya.

Masinto menilai pendapatan yang diterima sebesar Rp 60 juta sudah diatur oleh mekanisme perundang-undangan. Soal layak atau tidaknya kembali ke pribadi masing-masing.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US