The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hak Asasi Hewan Ternyata Ada, Ini Sederet Penyiksaan Terhadap Binatang yang Sempat Viral
Kasus penyiksaan terhadap hewan yang sempat viral. (Photo/Instagram)
News

Hak Asasi Hewan Ternyata Ada, Ini Sederet Penyiksaan Terhadap Binatang yang Sempat Viral

Rabu, 20 Oktober 2021 13:41 WIB 20 Oktober 2021, 13:41 WIB

INDOZONE.ID - Hak Asasi Hewan dikenal sebagai kebebasan hewan, yang menurut Wikipedia bahwa hak-hak dasar hewan non-manusia yang harus dianggap sederajat sebagaimana hak-hak dasar manusia. 

Hak Asasi Hewan juga diperingati setiap tanggal 15 Oktober yang bertepatan dengan rilisnya Universal Declaration of Animal Rights atau Deklarasi Universal Hak-Hak Hewan yang dibuat 1978 oleh UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB).

Ketentuan ini membuktikan bahwa Hak Asasi Hewan itu ada dan patut dihormati. Hak ini sebagai landasan yang jelas bahwa manusia tidak bisa sewenang-wenang untuk melakukan penyiksaan terhadap hewan. Sebab, hewan juga dianggap sebagai mana hak manusia yang dilindungi. Meski demikian, ini beberapa penyiksaan terhadap hewan yang sempat viral;

Tayo si Kucing Peliharaan yang Malang

Pada awal tahun, Tanah Air dikejutkan dengan penyiksaan terhadap hewan yang cukup serius. Kasus itu melibatkan Tayo si kucing peliharaan yang hilang dari pemiliknya dan menjadi korban perdagangan hewan ilegal. Kejadian itu terjadi di Medan, Sumatera Utara yang membuat pelaku terancam 2,5 tahun penjara atas kasus pencurian.

Baca juga: Megawati Ingin Polisi Contoh Sosok Jendral Hoegeng dan Awaloedin Djamin

Sonia yang merupakan pemilik kucing mencari lokasi Tayo dan menemukan kalau kucing kesayangannya itu telah menjadi tumpukan daging yang tidak lagi hidup. Bahkan, tidak hanya menemukan Tayo, Sonia juga mendapati beberapa kucing lainnya yang telah menjadi 2 kilogram daging potong.

Kasus itu kemudian viral di tanah air yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mengunggah konten kekejaman terhadap hewan di media sosial. Menurut Asia For Animals Coalition, dari 5.480 konten yang dikumpulkan, sebanyak 1.626 konten penyiksaan berasal dari wilayah Indonesia.

Monyet Makan Masker di Karangpawaitan

Video viral tentang penyiksaan terhadap hewan terus mencuri perhatian, terlebih kejadian yang terjadi di Lapangan Karangpawitan 2, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. Video itu memperlihatkan monyet yang memakan masker dengan lahap, sementara masker itu diduga masker yang telah dipakai.

Meski telah dilarang untuk memakan masker, namun kelalaian terhadap pembuangan masker secara sembarangan membuat monyet itu mengonsumsi masker bekas. Tidak ada konfirmasi yang jelas bagaimana insiden itu bisa terjadi, namun netizen menilai bahwa tindakan lalai manusia justru berdampak negatif terhadap hewan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US