The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jejak Dinasti Politik di Kuansing, Ayah-Anak Kuasai Eksekutif dan Legislatif
Kiri: Sukarnis (Istimewa) / Kanan: Andi Putra (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)
News

Jejak Dinasti Politik di Kuansing, Ayah-Anak Kuasai Eksekutif dan Legislatif

Kamis, 21 Oktober 2021 14:52 WIB 21 Oktober 2021, 14:52 WIB

INDOZONE.ID - KPK resmi menahan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra dalam kasus dugaan suap terkait perizinan perkebunan.

Andi Putra diduga menerima suap senilai Rp700 juta yang diberikan secara bertahap dari General Manager PT Adimulia Agrolestari (AA) Sudarso (SDR) terkait izin perkebunan.

Ditangkapnya Andi Putra oleh KPK membuka borok dinasti politik di Kuansing, yang dimulai oleh Sukarmis, sang ayah. Berikut jejak dinasti politik di Kuansing yang dihimpun oleh INDOZONE:

Sukarmis

Dinasti politik Sukarmis
Sukarmis (Istimewa)

Sukarmis menjadi Bupati Kuansing selama 2 periode, dari tahun 2006-2016. Sebelum jadi bupati, dia merupakan Ketua DPRD Kuansing periode 1999.

Setelah tak menjadi bupati, dia mencalonkan diri dalam Pileg 2019 dan berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Riau. Sukarmis dan tiga anaknya berasal dari partai yang sama, yaitu Golkar.

Andi Putra

Bupati Kuansing, Andi Putra ditangkap KPK
Bupati Kuansing, Andi Putra ditangkap KPK (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Anak Sukarmis, Andi Putra meneruskan jejak sang ayah sebagai Bupati Kuansing. Andi Putra terpilih sebagai Bupati Kuansing periode 2021-2024.

Sebelum jadi bupati, dia memang sudah disiapkan menjadi penerus sang ayah. Saat berusia 22 tahun, Andi sudah menduduki jabatan Ketua Komisi A DPRD Kuansing dari 2009-2012.

Di Pemilu 2014, Andi Putra maju lagi dan kembali terpilih, serta menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Kuansing. Di saat bersamaan, ayahnya menjadi bupati.

Di Pemilu 2019, Andi menjadi caleg dengan suara tertinggi di Dapilnya dan dipercaya menjadi Ketua DPRD Kuansing. Di tahun 2020, dia maju sebagai bupati dan menang.

Adam 

Adam, anak Sukarmis meneruskan dinasti politik
Adam, anak Sukarmis (Istimewa)

Setelah Andi Putra menjadi Bupati Kuansing, jabatan Ketua DPRD diturunkan ke adiknya, Adam. Adam merupakan anak ketiga Sukarmis.

Romi Alfisah Putra 

Romi Alfisah Putra, anak Sukarmis, dinasti politik Kuansing
Romi Alfisah Putra, anak Sukarmis (Istimewa)

Anak sulung Sukarmis, Romi juga mencalonkan diri pada Pileg 2019. Dia berhasil meraih 2.110 suara untuk mengantarkannya ke kursi Wakil Rakyat. Dia menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Kuansing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US