Keren, Jakarta International Stadium Bakal Dilengkapi Jalur Khusus Sepeda

- Selasa, 8 Juni 2021 | 12:55 WIB
Suasana proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (7/6/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak Arwa)
Suasana proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (7/6/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak Arwa)

Provinsi DKI Jakarta nampaknya sedang berbenah untuk menjadi kota yang ramah akan pesepeda. Bahkan, Jakarta International Stadium (JIS) yang sedang dalam proses pembangunan pun nantinya bakal dilengkapi dengan jalur khusus sepeda.

"Kita pasti akan akomodir track-nya di JIS ini, saat ini masih digodok yang berapa kilometer yang bisa diputari, masih digodok pada perencanaan, tapi kalau posibility-nya possible untuk dinikmati penikmat sepeda," kata Manager Konstruksi JIS M Rizki Fauzi Sentosa dikutip Antara, Selasa (8/6/2021).

Rizki yang juga seorang "goweser" kerap mengusung tagar #biketostadium di media sosial untuk menyuarakan fasilitas sepeda di JIS. Dia menambahkan, JIS bukan hanya sekadar stadion, namun sebuah "sports complex" ramah lingkungan yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum yang akan berolahraga.

"Karena Green Building, salah satu poin yang dinilai itu ada fasilitas sepeda. Saat ini kita sudah siapkan fasilitas parkir sepeda dan cuci sepeda," tambahnya.

Dia berharap, setelah JIS beroperasi penuh, sport complex ini bisa menarik para pesepeda dan komunitas sepeda untuk menikmati fasilitas yang disediakan.

Baca Juga: Jika Duet dengan Puan, Cuma Prabowo Capres yang Pernah Berpasangan dengan Ibu dan Anak

"Harapannya bisa menarik komunitas-komunitas sepeda juga," tegasnya.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta bersama pemangku kepentingan (stakeholder) jalan raya, antara lain Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan tengah menggodok sejumlah alternatif untuk memfasilitasi pengguna "road bike" atau sepeda balap yang semakin banyak jumlahnya.

Jalur saat ini yang digunakan adalah jalan protokol Sudirman-Thamrin pada pukul 05.00-06.30 WIB setiap hari kerja dan Jalan Layang Non Tol Casablanca setiap hari libur akhir pekan.

Meski demikian sejumlah rute alternatif seperti Kemayoran juga berpotensi menjadi rute baru bagi road bikers, jika terlaksana maka jalur sepeda di JIS pastinya akan disambut hangat oleh masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X