Menlu Ungkap 99 WNI Sudah Dievakuasi dari Ukraina, 24 Orang Memilih Bertahan

- Selasa, 1 Maret 2022 | 14:49 WIB
WNI berhasil dievakuasi dari Lviv, Ukraina menuju Rzeszow, Polandia. (Dok. Kemlu)
WNI berhasil dievakuasi dari Lviv, Ukraina menuju Rzeszow, Polandia. (Dok. Kemlu)

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menjelaskan secara lengkap kondisi terbaru terkait evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina. Dia mengungkapkan ada sejumlah WNI yang memilih bertahan di negara tersebut dengan alasan keluarga.

Retno menuturkan bahwa situasi di Ukraina sampai saat ini masih sangat dinamis dan berubah dengan cepat. Situasi ini tentunya sangat mempengaruhi upaya Pemerintah Indonesia untuk melakukan evakuasi.

Ia mengungkakan sudah 25 WNI yang berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina dan telah tiba di Bukares, Hungaria, pada Minggu 27 Februari 2022. WNI yang dievakuasi semuanya perempuan, dan 1 anak berumur sekitar 12 tahun.

"Lama perjalanan secara total yang ditempuh tim evakuasi sekitar 35 jam dengan menggunakan bis. Tim evakuasi juga melewati 5 kali pemeriksaan dan cek point di wilayah Ukraina,” jelas Retno saat jumpa pers, Selasa (1/3/2022).

“Di perbatasan terjadi antrian mobil lebih dari 10 km. Dari pantauan, mobil yang antri telah berada di perbatasan selama 2 hari. Namun alhamdulillah, evakuasi bisa menembus antrian sekitar 4.5 jam,” lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa satu orang WNI positif Covid-19 dan sudah mendapatkan penanganan.

Ada Bayi

Kemudian dari wilayah Lviv, sebanyak enam orang WNI dan 1 WNA yaitu suami dari WNI 2022 juga telah berhasil dievakuasi menuju Rzeszow, Polandia, pada hari yang sama.

Baca juga: Angela Lee Juara Dunia One Women's Atomweight, Faktanya: Berhati Lembut

Keenam WNI tersebut terdiri dari 2 perempuan dewasa, 3 anak-anak dan 1 bayi.

“Sebagaimana jalur perbatasan Rumania, jalur inipun mengalami antrian yang sangat panjang, yaitu hingga 30 km khususnya di daerah perbatasan,” ungkap Retno.

Selanjutnya pada Senin, 28 Februari 2022, sebanyak empat WNI ( 2 pria dan 2 anak) dan 2 WNA (kerabat WNI) telah dijemput oleh tim KBRI Warsawa dari Ternopil, Lviv menuju Polandia, dengan jarak tempuh 150 km.

“Rombongan terbesar teman-teman, yaitu 59 WNI dan 1 WNA yang kita evakuasi dari Kiev dan telah berhasil kita seberangkan ke wilayah Moldova, dan saat ini dalam perjalanan menuju Rumania,” ungkap Retno.

-
WNI di Ukraina dievakuasi ke Rumania. (Dok. Kemlu)

99 WNI Sudah Dievakuasi

Dengan menyeberangnya para WNI tersebut, maka sebagian besar WNI
sudah dievakuasi keluar dari Ukraina. 

Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 WNI dan 5 WNA yang merupakan keluarga dari WNI. Para WNI tersebut kini berada di dua titik aman, yaitu di Bukares, Rumania dan di Rzeszow, Polandia.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X