The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Struktur Kabinet Baru, PDIP: Pak Jokowi Menunggu Hari Baik
Presiden Jokowi. (Instagram/@jokowi)
News

Soal Struktur Kabinet Baru, PDIP: Pak Jokowi Menunggu Hari Baik

Belum tunjuk menteri baru.

Senin, 26 April 2021 16:31 WIB 26 April 2021, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek dan kemudian dibentuk Kementerian Investasi. Hanya saja, hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menunjuk menteri baru untuk jabatan Menteri Investasi dan juga Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, bisa saja Presiden Jokowi masih menunggu hari baik dalam membentuk struktur kabinet baru.

“Saya kira Pak Jokowi sedang menunggu hari baik saja, menunggu hari baik yang menurut hemat beliau itu dapat memberikan kemudahan dan kelancaran struktur kabinet baru yang akan dibentuknya itu,” ujar Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/4/2021).

Di samping itu, Wakil Ketua MPR RI ini menegaskan penunjukan jabatan menteri tersebut sepenuhnya adalah hak prerogatif daripada Presiden Jokowi.

“Sehingga oleh karena hak prerogatif presiden adalah hak subjektif Presiden RI yang dijamin konstitusi, maka kami dari PDIP menyerahkan keputusan hal tersebut kapan mau dilaksanakan, siapa pejabat mau diangkat, itu menjadi wewenang sepenuhnya Pak Jokowi sebagai presiden,” tuturnya.

BACA JUGA: Sosok Letda Laut Munawir, Awak KRI Nanggala-402 yang Tinggalkan 2 Putri

Sebelumnya diketahui DPR telah menyetujui digabungkannya Kementerian Riset dan Tekonologi (Kemenristek) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemudian pemerintah bakal membentuk Kementerian Investasi.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco menjelaslan, keputusan persetujuan terhadap rencana pemerintah menggabungkan Kemenristek ke Kemendikbud dan membentuk Kementerian Investasi usai setelah DPR menerima Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian.

Setelah itu, kata Dasco, kemudian pihaknya melakukan rapat konsultasi pengganti rapat Bamus pada Kamis 8 April 2021 lalu.

"Sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat Bamus 8 April 2021 yang telah bahas surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian dan menyepakati," kata Dasco dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Jumat (9/4/2021).


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US