Presiden China Xi Jinping Diprediksi Akan Jabat Presiden 3 Periode

- Selasa, 9 November 2021 | 15:20 WIB
Presiden China, Xi Jinping. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Presiden China, Xi Jinping. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Presiden China, Xi Jinping dikabarkan sedang bersiap untuk masa jabatan ketiga sebagai pejabat tinggi partai komunis yang berkuasa di China.

Menurut laporan resmi Kantor Berita Xinhua, presiden dan sekretaris Jenderal partai Xi mengeluarkan rancangan resolusi tentang prestasi besar dan pengalaman sejarah pada sesi pleno Komite Sentral yang dibuka pada hari Senin (8/11/2021).

China menghapus batas masa jabatan kepresidenan pada 2018. Hal ini berpotensi membuat Xi berada di puncak kekuasaan selama sisa hidupnya.

Xi juga diperkirakan akan diangkat kembali sebagai pemimpin partai melalui kongres partai tahun depan, sebuah acara yang diadakan setiap lima tahun.

Baca juga: China Kecewa Xi Jinping Tak Diberikan Opsi Berpidato di COP26

Minggu ini, sekitar 200 anggota Komite Sentral dijadwalkan melakukan pertemuan yang berlangsung hingga Kamis, dengan komunike akan dikeluarkan setelah sesi terakhir.

Dilansir ABC News, Xi telah mengungkapkan pemikirannya melalui pernyataan publik dan pernyataan tentang sejarah partai. Namun hal ini membuat banyak pihak tidak terkejut.

"Ini akan menekankan era baru pemerintahan Partai Komunis di bawah kepemimpinan Xi dan itu akan meletakkan dasar bagi Xi untuk menyamai Mao dan Deng, dan meletakkan dasar bagi Xi untuk terus memerintah untuk masa depan," kata Yang, seorang profesor di Sekolah Ilmu Politik dan Administrasi Publik di bawah Universitas Ilmu Politik dan Hukum China.

Satu dekade setelah mengambil alih kepemimpinan, Xi tidak menghadapi saingan di dalam partai dan memiliki kekuatan yang terkonsolidasi dengan mengawasi ekonomi yang stabil, kebijakan luar negeri yang tegas, peningkatan besar-besaran militer, dan tindakan keras terhadap korupsi yang menjerat pejabat tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X