5 Tradisi Perayaan Hari Guru di Indonesia, Mulai dari Beri Bunga Hingga Bikin Perlombaan

- Kamis, 25 November 2021 | 08:33 WIB
Logo Hari Guru Nasional 2021 (Kemendikbud Ristek)
Logo Hari Guru Nasional 2021 (Kemendikbud Ristek)

Di Indonesia, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal itu ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994.

Pada hari tersebut, seluruh guru di Indonesia, mulai dari SD, SMP, hingga SMA turut merayakan peringatan Hari Guru dengan berbagai kegiatan.

Ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi atau kebiasaan yang dilakukan para siswa ataupun guru saat memperingati Hari Guru. Mulai dari memberikan bingkisan hingga membuat kegiatan perlombaan. Berikut 5 tradisi perayaan Hari Guru di Indonesia!

1. Upacara peringatan Hari Guru

-
Upacara peringatan Hari Guru. (Istimewa)

Nah, upacara peringatan Hari Guru menjadi hal wajib dilakukan saat perayaan Hari Guru. Upacara ini biasanya dilakukan pada pagi harinya sebelum melakukan berbagai kegiatan.

Semua guru akan terlibat dalam upacara tersebut, mulai menjadi protokoler hingga pasukan pengibaran bendera. Biasanya, upacara akan dipimpin oleh kepala sekolah sebagai pembinanya.

Baca juga: 5 Film Tentang Perjuangan Guru yang Cocok Kamu Tonton di Momen Hari Guru Nasional

Di upacara peringatan Hari Guru, akan dinyanyikan pula lagu Hymne Guru yang terkenal dengan liriknya yang sangat menyentuh hati.

2. Beri bunga

-
Buket bunga. (Pixabay)

Salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan saat perayaan Hari Guru adalah siswa memberikan bunga untuk guru. Biasanya kegiatan ini dilakukan sesaat setelah upacara.

Selain itu, ada juga siswa-siswa yang secara pribadi memang sengaja membeli bunga untuk diberikan kepada guru kesayangannya. Entah itu guru yang menjadi wali kelas atau guru yang mengajar mata pelajaran.

Biasanya, para siswa memberikan sebatang bunga mawar atau bunga yang sudah dibentuk dalam buket.

3. Bagi-bagi cokelat

-
Cokelat. (Pixabay)

Entah sejak kapan tradisi ini mulai dilakukan, namun perayaan Hari Guru memang identik dengan bagi-bagi cokelat. Sama seperti bunga, para siswa akan memberikan cokelat untuk guru kesayangannya.

Cokelat yang diberikan bisa dari berbagai jenis dan merek. Biasanya, jika yang diberikan cokelat berharga mahal, para siswa membeli cokelat tersebut secara patungan.

Pemberian cokelat biasanya dilakukan berbarengan dengan saat memberikan bunga.

4. Memberi kado

-
Ilustrasi kado. (Pixabay)

Memberi bingkisan kado sudah menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan saat perayaan Hari Guru. Biasanya, kado akan diberikan khusus untuk guru yang menjadi wali kelas saja.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X