DPR Minta Pemerintah Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

- Minggu, 9 Januari 2022 | 12:25 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Instagram/puanmaharaniri)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Instagram/puanmaharaniri)

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah agar segera mengendalikan harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi. Menurutnya, harga kebutuhan pokok yang tinggi menambah beban rakyat, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

“Beberapa kebutuhan pokok seperti telur, bawang, dan cabai harganya belum kembali stabil sejak akhir tahun lalu. Bahkan minyak goreng pun juga masih mahal meski pemerintah sudah memberi acuan harga Rp14 ribu per liter,” kata Puan, Minggu (9/1/2022). 

Khusus untuk minyak goreng, Puan meminta pemerintah menyalurkan minyak goreng murah bersubsidi secara merata. Hal tersebut karena sampai saat ini harga minyak goreng di pasaran masih berkisar Rp20 ribu per liternya. 

"Stok minyak subsidi masih sangat langka di pasaran, baik pasar tradisional maupun ritel, sehingga warga masih belum merasakan program tersebut,” ungkap Puan. 

Pedagang di pasar-pasar tradisional menyebut masih menjual minyak dengan harga tinggi lantaran masih mendapat harga mahal dari agen. Oleh karena itu, Puan meminta pemerintah melakukan pengawasan ketat. 

"Penyaluran minyak murah bersubsidi juga harus merata di seluruh daerah, sehingga dapat dirasakan oleh rakyat,” ucapnya.

Baca juga: Anggota DPR Fraksi PDIP Diwajibkan Bagi Sembako Bergambar Puan Maharani

Tak hanya itu, Puan juga sudah mengingatkan Presiden Joko Widodo jauh-jauh hari untuk meminta jajarannya mengendalikan harga kebutuhan pokok. 

Namun, Puan melihat harga-harga sembako masih mahal meski sudah memasuki pekan kedua di awal tahun 2022. 

"Kementerian terkait dan pemerintah daerah (Pemda) perlu cepat merealisasikan arahan dari presiden. Segera kendalikan harga-harga kebutuhan pokok agar dapat mengurangi beban rakyat,” katanya menerangkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X