Ini Jepretan Matahari Paling Detail, Penampakan Pola Permukaannya Bikin Terkesima

- Rabu, 8 Desember 2021 | 14:18 WIB
Potret Matahari yang dijepret oleh fotografer asal Arizona, Amerika Serikat. (Instagram/cosmic_background)
Potret Matahari yang dijepret oleh fotografer asal Arizona, Amerika Serikat. (Instagram/cosmic_background)

Jika ada seseorang yang menantangmu untuk melihat Matahari dengan mata telanjang pada siang bolong, apakah kamu berminat? 

Eits, tunggu dulu. Dari pada melihat langsung pakai mata yang pastinya akan membahayakan, kamu bisa melihat Matahari lewat jepretan seorang fotografer yang diunggah di media sosialnya.

Dikutip dari BGR, Rabu (8/12), fotografer tersebut bernama Andrew McCarthy, dia berasal dari Arizona, Amerika Serikat. Baru-baru ini, Andrew memamerkan hasil jepretannya di media sosial. Foto yang diunggahnya adalah foto bintang di pusat tata surya, yakni Matahari.

Dalam akun Instagramnya @cosmic_background, Andrew menampilkan 5 foto Matahari mulai dari foto medium close up, sampai ke foto ekstrem close up dari Matahari. Bahkan, kamu bisa melihat pola yang ada di permukaan Matahari.

-
Potret Matahari secara medium close up. (Instagram/cosmic_background)

Dalam postingannya di Reddit, Andrew mengatakan kalau foto tersebut ia ambil menggunakan teleskop khusus yang sudah dipasang filter. Ia memakai bantuan teleskop surya dengan narrow bandpass, di mana gabungan keduanya memungkinkan mengambil foto matahari dengan kontras yang lebih tinggi.

Dengan bantuan narrow bandpass, Andrew bisa secara langsung mengarahkan teleskopnya ke Matahari dan mengambil gambarnya tanpa takut kameranya terbakar.

-
Potret Matahari secara ekstrem close up. (Instagram/cosmic_background)

Foto yang diambil oleh Andrew bukan cuma 1-100 saja loh, namun lebih dari 300 ribu foto. Dari jumlah itu, hanya 150 ribu saja yang terbaik. Dari total itu, foto-foto tersebut lalu digabungkan untuk menghilangkan efek distorsi di atmosfer dengan hasil fotonya punya resolusi  300 MP. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X