The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Mulai Pulih: Tahun  Lalu Kita Kontraksi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Instagram/smindrawati)
News

Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Mulai Pulih: Tahun Lalu Kita Kontraksi

Jumat, 26 November 2021 11:39 WIB 26 November 2021, 11:39 WIB

INDOZONE.ID - Ekonomi di Indonesia sudah berangsur pulih. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, salah satu faktor yang mendukung pulihnya perekonomian adalah penerimaan pajak yang tumbuh hingga double digit, dan pembiayaan utang yang menurun.

Pada Oktober 2021, penerimaan pajak menunjukkan pertumbuhan positif, yakni mencapai Rp953,6 triliun atau 77,6 persen dari target tahun ini.

“Ini terjadi pertumbuhan 15,3 persen, tahun lalu kita mengalami kontraksi,” ujarnya, Kamis (25/11).

Salah satu yang mengalami pertumbuhan adalah Migas, di mana  PPh Migas tumbuh mencapai 55,7 persen lantaran harga Migas yang melonjak. Sementara itu, PPh Non Migas tumbuh 8,9 persen akibat aktivitas ekonomi mulai pulih di berbagai sektor.

Lebih lanjut, kenaikan PPN juga terjadi pada kegiatan impor, yakni  tumbuh 20,4 persen. 

Pertumbuhan pajak diikuti dengan pembiayaan utang yang menurun. Pada Oktober 2021, pembiayaannya turun 32,5 persen menjadi Rp 645,8 triliun.

Padahal, pada Oktober 2020, penarikan utang baru mencapai Rp 956,3 triliun atau tumbuh 143,2 persen dari tahun sebelumnya.

“Ini adalah penurunan yang sangat tajam padahal kita masih dalam situasi COVID-19. Tapi kita bisa menurunkan pembiayaan yang sangat signifikan yaitu minus 32,5 persen,” kata Sri Mulyani.

Penurunan pembiayaan utang disebabkan karena penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) dan pinjaman yang juga mengalami penurunan.

Hingga akhir Oktober 2021, penerbitan SBN mencapai Rp 668,7 triliun atau minus 29,1 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Penerbitan SBN ini juga baru 55,4 persen dari target tahun ini Rp 1.207,3 triliun.

“Ini adalah cerita mengenai pemulihan APBN, konsolidasi dan fiscal policy yang prudent. Makanya Fitch (Ratings) menggarisbawahi APBN kita mulai menunjukkan adanya penyehatan,” pungkas Sri Mulyani.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Zal
Silvia Marissa
Zal

Zal

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US