Balai Besar Kartini Salurkan Bantuan kepada 102 Penyandang Disabilitas di Sumatera Utara

- Kamis, 24 Juni 2021 | 18:43 WIB
Proses penyerahan bantuan oleh Balai Besar Kartini kepada penyandang disabilitas di Kabanjahe, Karo, Kamis (24/6/2021). (Foto: Istimewa)
Proses penyerahan bantuan oleh Balai Besar Kartini kepada penyandang disabilitas di Kabanjahe, Karo, Kamis (24/6/2021). (Foto: Istimewa)

Balai Besar Kartini Temanggung memberikan layanan rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Karo dan Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Kepala Balai Besar Kartini Temanggung, Juena Sitepu mengatakan, sebagai Unit Pelayanan Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, pihaknya berupa memberikan layanan berbasis komunitas, keluarga, dan masyarakat dengan menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan itu dikemas dalam program bernama Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). 

Di Kabupaten Karo, bantuan diberikan kepada 82 orang, dengan rincian 30 orang yang dibina oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Alpha Omega di Kecamatan Kabanjahe senilai Rp 107 juta. 

52 penerima lainnya merupakan penyandang disabilitas penerima manfaat layanan ATENSI berbasis keluarga. Mereka mengajukan bantuan modal untuk pengembangan kewirausahaan. 

-
Proses penyerahan bantuan oleh Balai Besar Kartini kepada penyandang disabilitas di Kabanjahe, Karo, Kamis (24/6/2021)

Bantuan itu akan dipergunakan untuk modal usaha beternak ayam, kambing, pengadaan keyboard, usaha pembuatan peyek, perlengkapan sekolah, sembako, sepeda motor Viar, kaki palsu adaptif, kursi roda, dan fisioterapi.

"Dana tersebut akan menjadi modal usaha pengembangan kewirausahaan seperti ternak sapi dan biri-biri, perakitan alat pel, keterampilan akrilik, menjahit, serta pertanian sederhana," kata Juena, dalam rilis yang diterima Indozone, Kamis (24/6/2021).

Sementara itu, di Kabupaten Humbang Hasundutan, bantuan sosial yang diberikan senilai Rp100 juta untuk 20 penerima manfaat ATENSI berbasis Keluarga melalui Penguatan Keluarga untuk Kemandirian Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), berupa pengembangan kewirausahaan dalam keluarga untuk usaha beternak ayam, usaha warung kelontong dan gas LPG. 

“Penerima bantuan itu berdasarkan hasil asesmen kebutuhan yang dilakukan oleh pekerja sosial berupa pengembangan kewirausahaan,” ujar Juena. 

-
Salah satu penerima bantuan.

Juena berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan kemampuan penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan dasar serta mengatasi masalah kehidupan sehingga mampu mandiri secara ekonomi. 

“Hal ini akan tercapai bila keluarga dan masyakarat sekitar memberi dukungan penuh kepada mereka,” kata Juena.  

Lebih jauh Juena menjelaskan, terdapat perubahan paradigma dalam pendekatan penanganan seluruh PPKS. Program ATENSI diimplemetasikan dalam kebijakan rehabilitasi sosial yang dilakukan tidak bersifat sektoral, tetapi pelayanan yang terpadu dan berkelanjutan. 

Balai Besar Kartini melakukan pendekatan ATENSI berbasis  Keluarga melalui Home Care dan penguatan keluarga untuk kemandirian PPKS berbasis  komunitas melalui Sheltered Workshop Peduli (SWP) dan pendampingan LKS. Selain itu, ada ATENSI berbasis  residensial sebagai alternatif terakhir dan sebagai Temporary Sheltered, rumah aman, dan memberikan kesempatan  kerja bagi masyarakat rentan, marginal serta sebagai wadah promosi produk di kawasan terpadu. 

“Ada juga layanan Sentra Kreasi ATENSI (SKA) sebagai pusat pelatihan vokasional dan pengembangan kewirausahaan serta kesiapan, kesempatan kerja dan wadah promosi produk di kawasan terpadu,” jelas Juena. 

Untuk keberlanjutan layanan ATENSI tersebut, Balai Besar Kartini Temanggung menyerahkan sepenuhnya kepada LKS Alpha Omega, Dinas Sosial dan pihak terkait. Juena berharap, bantuan ATENSI  itu akan meningkatkan kemandirian serta usaha ekonomi produktif  bagi penyandang disabilitas di Sumatera Utara.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X