DPR Dukung Langkah KPK Gelar Pendidikan Politik Berintegritas bagi Parpol

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 16:30 WIB
Logo KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Logo KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menyambut baik rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bakal menggelar program pendidikan politik cerdas dan berintegritas kepada 20 partai politik yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Pangeran, rencana KPK melalui Ketuanya, Firli Bahuri guna menyelenggarakan program pendidikan politik cerdas dan berintegrasi bagi struktur partai politik ini merupakan langkah strategis guna mencegah tindakan korupsi.

“Saya menyambut baik apa yang menjadi rencana Ketua KPK, Firli Bahuri untuk menyelenggarakan program pendidikan politik cerdas dan berintegritas bagi para ketua, pengurus pusat dan daerah serta bagi para kader dari 20 partai politik. Ini menjadi salah satu langkah strategis, khususnya bagi penguatan pendidikan moral anti korupsi dan tata kelola demokrasi politik,” kata Pangeran kepada Indozone, Sabtu (7/5/2022).

Menurut Politisi PAN ini, bahwa partainya pun telah mengundang Ketua KPK Firli Bahuri untuk memberikan pencerahan pada acara Bimtek seluruh anggota PAN yang menjadi anggota DPR RI-DPRD Provinsi dan Kota di seluruh Indonesia di hotel Novotel Jakarta, kurang lebih 1 bulan lalu. 

“Ini membuktikan PAN sebagai partai politik tidak pernah lepas dari komitmennya untuk menegakkan performa demokrasi di tanah air dimulai dengan penguatan integritas moral dan etika politik bagi kader-kadernya untuk terwujudnya tata-kelola sistem politik yang beradab dan terhormat di tanah air,” beber Pangeran.

Baca Juga: Terima Suap Bupati Bogor Ade Yasin, 4 Pegawai BPK Dinonaktifkan

Meski demikian, Pangeran menekankan bahwa PAN akan hadir jika diundang lembaga antirasuah dalam acara tersebut. Ini sesuai dengan komitmen PAN untuk tegaknya integritas para kader dari perilaku anti korupsi.

Kemudian, kata Pangeran, tanggung jawab kader-kader partai untuk teguh dan kokoh ikut memberantas praktek-praktek korupsi demi tegaknya demokrasi bersih (clean democracy) dan pemerintahan yang baik dan bersih pula.

“Saya malah berharap niat tulus KPK untuk mengadakan pendidikan politik cerdas dan berintegritas ini dapat segera direalisasikan. Ini untuk membuktikan bahwa pernyataan ketua KPK sama sekali bukan untuk mencari panggung politik, tetapi berangkat dari niat tulus Ketua KPK atas dasar kajian dan urgensinya mengajak kader partai politik yang dinilainya sebagai pohon kekuasaan,” jelas Pangeran.

Ia berujar partai politik melahirkan wakil-wakil rakyat hingga pimpinan nasional dari mulai tingkat desa, bupati, walikota, gubernur hingga presiden.

Dari sinilah, dia setuju dengan Ketua KPK, Firli Bahuri bahwa melalui pendidikan politik cerdas dan berintegritas ini, maka jalan bagi tata kelola demokrasi kita akan lebih berintegritas, transparan dan akuntabel akan lebih mudah terwujud.

“Saya juga mendukung apa yang menjadi maksud dan tujuan dari rencana ketua KPK, Firli Bahuri untuk mengadakan pendidikan politik cerdas dan berintegritas ini. Salah satunya adalah sentuhan khusus yang menjadi target Ketua KPK Firli Bahuri, bahwa melalui pendidikan ini, KPK ingin mengajak partai politik ikut menyempurnakan regulasi terkait dengan tata cara penentuan calon, mencalonkan dan pengusungan saat pemilu,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan pihaknya telah menyampaikan kepada 20 sekjen partai yang hadir saat acara kick off pendidikan PCB terkait acara pada 18 Mei 2022.

"Saat kick off giat politik cerdas dan berintegritas sudah disampaikan perwakilan 20 parpol semua," ucap Firli.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X