Inggris Kirim Penyelidik ke Ukraina, Kumpulkan Bukti Kejahatan Perang Putin

- Sabtu, 30 April 2022 | 02:10 WIB
Menlu Inggris Liz Truss. (REUTERS/Kuba Stezycki)
Menlu Inggris Liz Truss. (REUTERS/Kuba Stezycki)

Otoritas Inggris mengatakan bahwa mereka sedang mengirim pakar untuk membantu Ukraina mengumpulkan bukti dan menuntut kejahatan perang yang dilakukan oleh Rusia selama pemberlakuan operasi militer, dengan satu tim akan tiba di Polandia pada awal Mei.

Ukraina mengaku sedang menyelidiki sekitar 7.600 kemungkinan kejahatan perang dan sedikitnya 500 tersangka menyusul invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari.

"Rusia membawa kebiadaban ke Ukraina dan melakukan kekejaman brutal, termasuk terhadap perempuan. Pakar Inggris akan membantu mengungkap kebenaran sekaligus meminta pertanggungjawaban rezim (Presiden Rusia Vladimir) Putin atas aksinya," kata Menteri Luar Negeri Liz Truss, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tolak Kirim Bantuan Senjata kepada Ukraina

Pengumuman itu disampaikan ketika Truss bertolak ke Den Haag untuk menemui Presiden Mahkamah Pidana Internasional Hakim Piotr Hofmanski dan mitranya dari Belanda Wopke Hoekstra.

"Tim khusus akan membantu pemerintah Ukraina saat mereka mengumpulkan bukti dan menuntut kejahatan perang dan akan melibatkan para pakar dalam kekerasan seksual terkait konflik," tulis pernyataan dari kementerian luar negeri.

Moskow menyebut aksinya di Ukraina sebagai "operasi khusus" yang bertujuan untuk melemahkan kekuatan militer Kiev dan melindungi penutur bahasa Rusia yang tinggal di wilayah timur Ukraina.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X