The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mahfud MD Sebut Situasi Politik Jadi Stabil Pasca FPI Dibubarkan
Ilustrasi massa FPI. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha).
News

Mahfud MD Sebut Situasi Politik Jadi Stabil Pasca FPI Dibubarkan

Lebih nyaman.

Minggu, 26 Desember 2021 12:23 WIB 26 Desember 2021, 12:23 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut tindakan pembubaran ormas Front Pembela Islam (FPI) oleh pemerintah membuat kondisi politik di Indonesia tahun 2021 lebih stabil dibandingkan dengan sebelumnya.

Dia mengatakan, kondisi politik tanah air lebih stabil lantaran kelompok yang suka membuat kekerasan di daerah sudah tegas dibubarkan dan dilarang. Salah satu alasannya  FPI dibubarkan karena juga sudah tidak memiliki legal standing sejak 2019 lalu.

"Kita mengakhiri kelompok-kelompok yang suka bikin kekerasan di berbagai daerah dengan tegas yaitu kita membubarkan atau melarang diteruskannya FPI karena legal standingnya tidak ada," kata Mahfud dalam diskusi daring di tayangan YouTube, Minggu (26/12/2021).

Bahkan Mahfud mengklaim, masyarakat menyambut baik dengan langkah pemerintah yang membubarkan FPI. Di mana mereka merasa hidup nyaman pasca FPI dibubarkan, sehingga menciptakan suasana politik yang stabil.

"Dan sesudah itu kan masyarakat seneng, ternyata terasa hidup nyaman sekarang sesudah itu dibubarkan. Maka politik stabil," jelas dia.

Sebelumnya, Rabu (30/12/2020), Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah menghentikan kegiatan dan aktivitas FPI dalam bentuk apa pun.

Hal itu tertuang dalam keputusan bersama 6 pejabat tinggi di kementerian/lembaga, yaitu Mendagri Tito Karnavian, Menkumham Yasonna Laoly, Menkominfo Jhonny G. Plate, Jaksa Agung Burhanuddin, Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, dan Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar.

Ia mengatakan bahwa FPI sejak 20 Juni 2019 secara de jure telah bubar sebagai ormas.

Selanjutnya, berdasarkan peraturan perundang-undangan dan sesuai dengan putusan MK tertanggal 23 Desember 2014, pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan FPI.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US