Timnas Indonesia Diminta Tetap Membumi Usai Lolos ke Final AFF

- Minggu, 26 Desember 2021 | 15:43 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (tengah) melakukan sujud syukur. (Foto: ANTARA/Humas PSSI)
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (tengah) melakukan sujud syukur. (Foto: ANTARA/Humas PSSI)

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia berhasil lolos ke babak final ASEAN Football Federation Championship (AFF) 2020. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, Keberhasilan tersebut merupakan capaian besar dalam proses pembinaan sepak bola di Tanah Air.

“Harus diakui keberhasilan Timnas Sepak Bola kita lolos ke final Piala AFF adalah capaian besar setelah dominasi Thailand dan Vietnam dalam lima tahun terakhir di persepakbolaan Asia Tenggara. Kita harus memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para punggawa Tim Garuda,” kata Huda kepada Indozone, Minggu (26/12/2021).

Meski Timnas Indonesia sudah lolos ke partai Final, Huda meminta Timnas harus tetap membumi karena masih ada satu tangga lagi sebelum meraih mahkota juara AFF untuk pertama kali.

Dia menjelaskan lolosnya Timnas Sepak Bola Indonesia bisa jadi merupakan kejutan besar untuk sekarang ini. Sebab banyak orang menjagokan Thailand dan Vietnam akan bertemu di partai puncak mengingat mereka selama lima tahun terakhir menjadi kekuatan utama di jagat sepak bola Asean.

Namun pada kenyataannya Indonesia berhasil mematahkan banyak prediksi tersebut dengan lolos ke Final Piala AFF setelah mengalahkan tuan rumah Singapura dengan agregat 5-3.

“Tentu banyak factor yang membuat tim kita lolos ke final Piala AFF tahun 2020 ini. Kuncinya saat kita berhasil menjadi juara Grup sehingga bisa memaksa Thailand dan Vietnam harus saling bunuh di partai semifinal. Ini tentu strategi luar biasa dari tim pelatih dan manajer timnas di AFF tahun ini,” jelas dia.

BACA JUGA: Wapres Berharap Timnas Indonesia Berikan yang Terbaik di Final Piala AFF 2020

Selain itu, Huda berharap para punggawa Garuda bisa tampil lepas di final siapapun lawannya. Apakah itu Thailand ataupun Vietnam yang baru akan bertanding nanti malam.

“Kami berharap siapapun lawannya Timnas tetap bisa tampil lepas dan percaya diri sehingga bisa menampilkan performa terbaik terlepas hasil akhir,” tuturnya.

Politisi PKB ini pun turut pujian khusus untuk pelatih Timnas Shin Tae Yong. Menurutnya meskipun tidak menampilkan permainan indah, tapi sejauh ini taktik pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu membawa Timnas Indonesia menembus babak puncak Piala AFF.

“Kemampuan menampilkan beragam taktik tentu menjadi kemajuan sendiri bagi awak Timnas Garuda. Kita juga tidak terpaku pada pakem tertentu sehingga tidak mudah dibaca lawan. Kami berharap progress Timnas Sepak Bola Indonesia bisa mengantarkan mereka meraih Piala AFF untuk pertama kali,” imbuh Huda.

“Selain itu dengan didominasi anak-anak muda, Timnas Sepak Bola kita bisa kita harapkan untuk bisa kian matang dan mencetak berbagai prestasi indah di masa depan,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya Timnas Indonesia menang 4-2 atas Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Kemenangan ini membuat Indonesia menapakkan kaki ke final AFF dengan skor agregat 5-3.

Kemenangan ini mengantarkan Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda kini menunggu pemenang Thailand vs Vietnam, yang baru akan bermain Minggu (26/12/2021).

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X