Luhut Panjaitan Minta 90 Persen Produksi Oksigen untuk Kebutuhan Medis

- Kamis, 1 Juli 2021 | 17:34 WIB
Luhut Panjaitan. (Instagram/@luhut.pandjaitan)
Luhut Panjaitan. (Instagram/@luhut.pandjaitan)

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang juga Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali meminta Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita untuk memastikan pasokan oksigen untuk kebutuhan medis.

"Terkait ketersediaan oksigen, kami sudah meminta kepada Menteri Perindustrian agar memerintahkan produsen oksigen mengalokasikan 90 persen produksinya untuk kebutuhan medis," kata Menko Luhut dalam konferensi pers virtual terkait PPKM Darurat, Kamis (1/7/2021).

Menko Luhut juga meminta masing-masing provinsi untuk membentuk satuan tugas (satgas) guna memastikan ketersediaan oksigen, alat kesehatan (alkes) dan farmasi.

Satgas tersebut nantinya diminta untuk berkoordinasi langsung dengan Menteri Kesehatan jika terjadi masalah suplai. Luhut mengatakan masalah tersebut sudah dirapatkan.

"Kami sudah rapat, insyaallah tidak ada masalah soal ini, termasuk obat-obatan," lanjut Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan pihaknya akan menjaga pasokan oksigen di Jawa dan Bali.

"Kita akan memastikan oksigen itu akan kita rapikan suplai dan demand-nya untuk seluruh rumah sakit di Jawa. Kita akan monitor ketat ini," kata Budi Gunadi.

Menkes mengatakan pihaknya juga akan mempersiapkan petugas di setiap rumah sakit untuk memastikan hal ini dijalankan dengan baik. Bahkan, bila perlu melibatkan anggota TNI/Polri.

"Kami siapkan orang yang mengatur dan mengawasi ini, kala perlu pakai dukungan TNI dan Polri," ujar Menkes Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X