Minyak Goreng Langka, Jangan Dulu Ekspor Minyak Sawit Mentah dong!

- Senin, 7 Maret 2022 | 17:17 WIB
Warga menunjukkan minyak goreng dan jari yang sudah diberi tinta sebagai tanda sudah membeli minyak goreng. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Warga menunjukkan minyak goreng dan jari yang sudah diberi tinta sebagai tanda sudah membeli minyak goreng. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mendesak agar pemerintah dapat menutup eskpor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ke luar negeri.

Adapun permintaan stop ekspor itu ditekankannya usai kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng yang di kalangan masyarakat.

"Mulai sekarang saja pemerintah umumkan. Kalau dalam seminggu ini masih langka, maka Minggu kedua akan disetop untuk satu bulan," ungkap Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/3/2022).

Said memaparkan stop ekspor CPO itu dilakukan mulai pekan depan, dengan durasi selama satu bulan. Atau paling tidak sampai situasi dan kondisi minyak goreng di Indonesia berangsur pulih dan normal.

Baca juga: Antre Minyak Goreng di Bengkulu Berakhir Ricuh

Said kembali mengatakan pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak boleh diam saja terhadap permasalahan minyak goreng ini. Namun melainkan harus tegas mengambil langkah penutupan ekspor CPO.

"Pemerintah mau diam? Tidak boleh dong. Presiden harus ambil tindakan tegas stop ekspor CPO," bebernya.

Said menyatakan, minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok pangan rakyat. Di mana Presiden Jokowi saja  sudah menekankan program terkait kedaulatan pangan. 

Padahal, kata dia, di atas kertas seharusnya permasalahan kelangkaan minyak goreng dapat selesai dengan kebijakan domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation. 

"Tapi faktanya terus menerus bermasalah. Nah ini kan akhirnya jatuh pada kesimpulan inilah kemudian kalau perusahan-perusahaan bersifat monopoli, oligopoli, kartel kita terus menerus akan mengalami sampai kapanpun kelangkaan ini akan terus terjadi," tutup Said.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X