Cegah Korupsi Penyaluran Bansos, Mensos Buat Aplikasi

- Senin, 26 Juli 2021 | 23:19 WIB
Mensos Tri Rismaharini. (photo/Instagram/@tri_risma_harini_)
Mensos Tri Rismaharini. (photo/Instagram/@tri_risma_harini_)

Guna mencegah terjadinya korupsi dan tindak penyimpangan penyaluran bantuan sosial, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini membuat aplikasi terkait penyaluran bantuan sosial.

Pembuatan aplikasi tersebut, mantan Wali Kota Surabaya tersebut akan menggandeng Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan perusahaan finansial berbasis teknologi (fintech). Jadi, penerima bantuan sosial dapat belanja dimana saja, tak hanya di e-waroeng saja

Kerja sama peluncuran aplikasi tersebut merupakan satu dari sekian banyak upaya untuk mencegah terjadinya tidak pidana korupsi bansos. Peluncuran aplikasi tersebut rencananya akan digelar pada 17 Agustus 2021.

“Kami sudah siapkan. Mudah-mudahan kita bisa launching 17 Agustus,” katnaya seperti yang dikutip Indozone, Senin (26/7).

Teknologi aplikasi tersebut, ia jelaskan akan fleksibel dan menyesuaikan dengan kondisi penerima bansos. Selain itu,  juga bisa disinkronkan dengan berbagai platform sehingga akan mudah digunakan.

Tak hanya itu m aplikasi tersebut juga akan mencegah penyalahgunaan bansos oleh penerima, misalnya menggunakan bansos untuk membeli rokok atau minuman keras.

“Apabila ada kedapatan seperti itu, lami akan cut, jadi sesuai perintah Presiden agar tidak ada belanja rokok, tidak ada belanja untuk miras," tuturnya.

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X