Terkait Varian Omicron, Ridwan Kamil Imbau Warga Tak Khawatir

- Selasa, 28 Desember 2021 | 21:47 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengimbau kepada warga Jawa Barat agar tidak khawatir dengan temuan transmisi lokal virus corona varian Omicron, namun pihaknya meminta agar warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan COVID-19.

"Warga tidak usah khawatir, silakan melakukan kegiatan, Omicron memang menunggu kita lengah. Makanya, tempat-tempat yang viral seperti tempat pariwisata sedang kita jaga ketat. Misalnya, Pantai Pangandaran, Lembang, Puncak dan tempat lain yang sering jadi viral karena kerumunan," kata Ridwan Kamil ketika ditanya tentang varian Omicron di Indonesia, di Kota Bandung, Selasa (28/12), seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan bahwa selama ini semua upaya penanganan sudah disiapkan oleh pemerintah untuk mencegah penularan varian baru COVID-19 itu.

Maka dari itu, Ridwan Kamil mengimbau kepada masyarakat untuk tetap beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia menyebut, tidak ada perlakuan khusus bagi varian baru tersebut dan pola penanganan akan tetap sama seperti varian lainnya.

Ridwan Kamil melanjutkan, Pemprov Jawa Barat sudah menyiagakan infrastruktur penanganan COVID-19, termasuk kesediaan oksigen hingga tempat tidur pasien.

"Begini, tidak ada hal baru dalam penanganan COVID19. Mau apa pun namanya treatment-nya sama saja. Pemerintah melakukan 3T, masyarakat melakukan 5M. Dalam praktiknya kita pernah melakukan, dulu enggak ada istilah microlockdown. Itu istilah baru lagi, dulu PPKM Mikro jangan ubah istilah lagi," kata dia.

Dia mengatakan meskipun penyebaran varian Omicron lebih cepat, namun fatalitasnya cenderung rendah dibandingkan varian Delta.

Dia menyebut, kekebalan tubuh masyarakat saat ini cenderung lebih teruji seiring dengan program vaksinasi.

"Jadi perbedaannya, negara yang kena Omicron sekarang Delta-nya enggak heboh. Jadi ibaratnya oleh takdir Tuhan, Indonesia dikasih cobaan yang berat dulu melalui varian delta sehingga saat kita dihadang oleh Omicron, relatif kekebalan tubuh orang Indonesia setelah Delta plus vaksin itu benteng pertahanan yang sangat baik," kata dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X