The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Survei PRC Soal Capres: Ganjar Teratas, Prabowo-Anies Membuntuti
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (jatengprov.go.id)
News

Survei PRC Soal Capres: Ganjar Teratas, Prabowo-Anies Membuntuti

Seperti hasil lengkapnya?

Senin, 27 Desember 2021 13:11 WIB 27 Desember 2021, 13:11 WIB

INDOZONE.ID - Politika Research & Consulting (PRC) berkolaborasi dengan Parameter Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait calon presiden menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hasilnya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di paling teratas.

Berdasarkan survei kolaborasi Politika Research & Consulting dan Parameter Politik Indonesia dalam simulasi 15 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas sebesar 25 persen. Kemudian di bawahnya ada nama Prabowo Subianto dengan angka 22,9 persen.

“Ketika kita simulasi dengan 15 nama, maka Ganjar Pranowo sudah mendahului peringkat dari Prabowo Subianto yang selama ini di selalu ada di rentang margin of error,” kata Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting Rio Prayogo dalam pemaparannya, Senin (27/12/2021).

Masih dalam hasil survei, urutan ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 12,4 persen. Selanjutnya Menparekraf  Gerindra Sandiaga Uno dengan elektabilitas 9,4 persen.

Selanjutnya ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,8 persen. Ditempel Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5,2 persen.

Tokoh lain yang muncul adalah, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,9 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,4 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 1,1 persen.

Kemudian ada Menteri KKP Susi Pudjiastuti 0,9 persen, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 0,8 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,6 persen, serta Ketum NasDem Surya Paloh 0,4 persen dan Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 10,6 persen.

Sekedar informasi survei dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 12 November-4 Desember 2021 dengan jumlah 1600 responden berusia minimal 17 tahun.

Survei diambil dengan metode multistage random sampling di tiap provinsi diambil secara proporsional dengan data jumlah penduduk pada Pilpres 2019. Survei memiliki margin of error 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US