Pengamat LIPI Saran ke Jokowi, Rekrut Menteri Kompeten dan Profesional
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) menyerahkan surat keputusan KPU tentang Penetapan Hasil Pemilu 2019 kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (tengah) dan KH Ma'ruf Amin (kanan). (Antara/Puspa Perwitasari)
News

Pengamat LIPI Saran ke Jokowi, Rekrut Menteri Kompeten dan Profesional

Perkembangan ekonomi global jadi tantangan

Rabu, 16 Oktober 2019 12:35 WIB 16 Oktober 2019, 12:35 WIB

INDOZONE.ID - Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amien harus diisi orang-orang yang berkompeten. Hal ini mengingat perkembangan global dan kebutuhan memajukan perekonomian Indonesia menjadi tantangan yang bakal dihadapi. 

Begitu kata Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro saat dihubungi terkait komposisi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf nanti, Rabu (16/10).

Menurutnya, kabinet harus lebih banyak diisi dari kalangan profesional dibanding menteri dari lingkungan partai politik. Ia menilai, kalangan profesional lebih memumpuni dalam menjalankan tugas yang diberikan lantaran tidak memiliki beban kepentingan dan campur tangan partai.

"Salah satu keuntungan kalangan profesional, karena akan lebih loyal ke presiden, dan tarik-tarikan politik dari partai kurang atau tak ada, karena bukan kader," ucap Siti.

Siti menambahkan presiden juga harus memilah kalangan profesional guna menyesuaikan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi lima tahun ke depan. Salah satunya masalah ekonomi global serta peningkatan ekonomi nasional. 

"Menteri-menteri yang direkrut harus kompeten dan profesional agar mereka mampu melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat. Selain itu juga fokus melaksanakan tugasnya dan mengedepankan kepentingan negara," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengatakan porsi untuk menteri dari kalangan profesional 55 persen, sedangkan kalangan parpol 45 persen. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Indozone News

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU