Sosok Wiranto Ubah Persepsi Mahfud MD Soal Tentara

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 17:44 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD (kiri) bersama Wiranto saat serah terima jabatan di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (23/10). (Antara/Hafidz Mubarak A)
Menkopolhukam Mahfud MD (kiri) bersama Wiranto saat serah terima jabatan di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (23/10). (Antara/Hafidz Mubarak A)

Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) yang baru, Mahfud MD, menceritakan kisah menarik di masa mudanya. Cerita ini berkaitan dengan Wiranto, sosok pendahulunya di Kemenkopolhukam. 

Saat masih menjadi mahasiswa dan dosen muda, Mahfud mengaku takut dengan tentara. Ketakutannya lantaran streotip tentara di zaman orde baru di mana tentara kasar perangainya.

Namun, ketakutan itu hilang saat Mahfud melihat sosok Wiranto, Susilo Bambang Yudhoyono, Sudrajat, dan Sarwan Hamid. Ketakutan itu berubah menjadi sebuah kekaguman terhadap para Jenderal TNI tersebut.

"Ternyata banyak jenderal yang pintar-pintar begitu. Mereka demokratis juga," kata Mahfud setelah serah terima jabatan di Kantor Kemenkopolhukam, Rabu (23/10). 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu kemudian memuji sosok Wiranto yang dinilainya bukan orang sembarangan. Mantan Panglima TNI itu disebut sebagai sosok dengan karier cemerlang yang punya banyak ilmu dan kebijaksanaannya.

Hal itu, lanjut Mahfud, tak lepas dari Rugaya Usman, istri dari Wiranto. Seperti kata pepatah, di balik pria yang hebat, ada perempuan yang luar biasa.

"Seperti karier saya ketika ditanyai wartawan, bagaimana bapak bisa melewati kariet dengan cepat dan baik? Saya bilang karena saya dibantu oleh seorang istri yang tidak pernah menghalang-halangi saya untuk berkarya," ujar Mahfud.  (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X