Hindari Virus Korona, Sriwijaya Air Hentikan Penerbangan ke Wuhan
Sejumlah penumpang turun dari pesawat Sriwijaya Air di Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
News

Hindari Virus Korona, Sriwijaya Air Hentikan Penerbangan ke Wuhan

Merujuk pada NOTAM G0108/20.

Jumat, 24 Januari 2020 23:13 WIB 24 Januari 2020, 23:13 WIB

INDOZONE.ID - Sriwijaya Air memutuskan untuk menghentikan sementara layanan penerbangan dari dan ke Kota Wuhan, Tiongkok. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus korona yang saat ini sedang menjadi perhatian dunia. 

Keputusan itu merujuk pada NOTAM (A notice to airmen) G0108/20 yang diterbitkan oleh International Notam Office Beijing terhadap maskapai Indonesia yang melakukan penerbangan dari dan ke Kota Wuhan, China untuk sementara tidak dapat dilakukan.

"Terkait dengan virus korona, penerbangan ke dan dari Wuhan untuk sementara waktu kami hentikan sampai dengan adanya pemberitahuan secara resmi dari pemerintah setempat dan kami masih terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait," ujar Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena saat dihubungi Indozone, Jumat (24/1/2020). 

Sebelumnya, Direktur Jendral Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Polana B Pramesti mengeluarkan NOTAM kepada Sriwijaya Air dan juga Lion Air untuk menghentikan sementara penerbangan ke Wuhan di Tiongkok menyusul adanya surat edaran dari otoritas penerbangan Tiongkok yang menyebutkan adanya penyebaran virus korona dari manusia ke manusia. 

Informasi melalui NOTAM G0108/20 menyampaikan bahwa Bandar Udara Internasional Wuhan Tianhe tidak dapat digunakan sebagai bandara alternatif kecuali untuk penerbangan kondisi darurat mulai 23 Januari pukul 11.00 UTC (18.00 WIB) sampai 2 Februari pukul 15.59 UTC (22.59 WIB), sehingga penerbangan dari Indonesia menuju kota Wuhan akan dialihkan ke kota lain di Tiongkok.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU