Gibran Fasilitasi Salat Ied: Ikut Jumat atau Sabtu Silahkan!

- Rabu, 19 April 2023 | 14:27 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Z Creators/Ari Welianto)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Z Creators/Ari Welianto)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan memfasilitasi umat Islam yang akan menggelar salat Idul Fitri 1444 H. Seperti diketahui, kemungkinan akan ada dua kali perayaan Idul Fitri 2023, yakni Muhammadiyah, Jumat, 22 April 2023 dan pemerintah pada Sabtu, 22 April 2023.

"Kita sih tetap memfasilitasi semua. Monggo (silahkan) yang mau Salat Ied hari Jumat tanggal 21 silahkan, atau mengikuti pemerintah, monggo (silahkan) sama saja," ujarnya, Rabu (19/4/2023).

Gibran mempersilahkan menggunakan fasilitas publik seperti lapangan untuk menggelar salat ied. Boleh juga dipakai dua-duanya secara bergantian asal dikomunikasikan dulu.

"Saya sudah perintahkan ke Kabag Kesra, kalau lapangannya mau dipakai dua kali tidak masalah. Kan ada request-request dibeberapa tempat," terangnya.

Menurutnya tidak masalah warga mau menggelar Salat Ied dua kali, Jumat dan Sabtu. Pemerintah Kota Solo akan tetap memfasilitasi umat Islam yang mau menggelar Salat Idul Fitri.

"Mungkin bisa berkoordinasi dengan Kabag Kesra dulu terkait pemakaian fasilitas publik. Pokoknya kami memfasilitasi dua tanggal, nanti biar dirapatkan sama Kabag Kesra dulu," ungkap dia.

"Muhammadiyah mau di mana-mana, lapangan mana, monggo (silahkan) dipakai. Yang mau ikut tanggal itu boleh, yang mau ikut pemerintah boleh, podo wae (sama saja)," jelas putra sulung Presiden Jokowi ini.

Meski boleh memakai lapangan yang ada di wilayah Solo untuk Salat Ied. Tapi Gibran tidak memperbolehkan memakai lapangan yang dijadikan pendamping untuk Piala Dunia U-20 untuk Salat Idul Ied.

”Lapangan yang masih dijahit atau yang lapangan pendamping jangan dipakai, eman-eman. Kalau di halaman parkir Stadion Manahan boleh, biasanya dipakai sama Majelis Tafsir Al Quran (MTA)," paparnya.

Warga juga tidak masalah menggelar Salat Ied di jalan. Tapi harus koordinasi dulu dengan Satlantas dan Dishub.

"Kalau di jalan nanti koordinasi dulu dengan Satlantas dan Dishub, boleh. Dua tanggal boleh," ucap dia.

Gibran menegaskan yang jelas Pemkot telah menyiapkan tempat, memastikan keadaan aman, tidak macet, dan lain-lain. 

"Mau dua kali Salat Ied, tidak masalah, podo wae (sama saja)," pungkasnya.

Artikel menarik lainnya: 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X