Miliki 3 Provinsi Baru, Ini Fakta dan Dampaknya Bagi Papua!

- Jumat, 1 Juli 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi peta Papua yang akan miliki 3 provinsi baru (peta-kota.blogspot.com)
Ilustrasi peta Papua yang akan miliki 3 provinsi baru (peta-kota.blogspot.com)

Pada Kamis, (30/6/2022) kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan tiga Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Hasil dari pengesahan tersebut adalah hadirnya 3 provinsi baru Papua

Pengesahan ketiga provinsi baru ini dilakukan dalam rapat paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang 2021-2022. Ketiga provinsi baru tersebut adalah Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan Tengah. 

Untuk mengenal lebih dalam tentang provinsi baru ini, Simak beberapa fakta dan dampaknya berikut. 

Fakta-fakta Provinsi Baru Papua 

-
Wamena, jadi Ibukota Provinsi Papua Pegunungan (Google Maps)

Mari berkenalan dengan Papua Tengah, Selatan, dan Pegunungan Tengah yang menjadikan Indonesia miliki 37 provinsi saat ini. 

Papua Tengah 

Papua Tengah memiliki nama adat Provinsi Meepago. Nama ini sesuai dengan wilayah adat setempat. Ibukota dari provinsi ini adalah Timika dan memiliki 8 kabupaten, yaitu Mimika, Paniai, Nabire, Puncak, Puncak Jaya, Dogiya, Intan Jaya, dan Deiyai.

Papua Selatan 

Di sisi Selatan, Papua Selatan memiliki nama adat Provinsi Ha Anim. Ibukota dari provinsi ini adalah Merauke dan memiliki 4 kabupaten, diantaranya, Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat. 

Ibukota Provinsi ini memiliki luas 46.792 km persegi atau hampir 8 kali lebih luas dari Jakarta. Alamnya pun lebih mirip Australia, yang mana dipenuhi Rusa, kanguru kecil, dan sarang rayap Musamus setinggi 5 meter.

Papua Pegunungan Tengah 

Papua Pegunungan Tengah memiliki nama adat Lapago. Ibukota dari provinsi ini adalah Kota Wamena dan terdiri dari 9 kabupaten, yakni Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lani Jaya, dan Nduga.

Diketahui, kabupaten Jayawijaya dikenal dengan Pegunungan Jayawijaya yang kenamaan karena puncak-puncak salju abadi meskipun terletak di wilayah tropis, antara lain Puncak Trikora (4.750 mdpl), Puncak Mandala (4.700 mdpl), dan Puncak Yamin (4.595 mpdl).

Dampak Pengadaan Provinsi Baru 

-
Papua (freedomhouse.org)

Faktanya, provinsi baru Papua memiliki dampak yang besar bagi beberapa hal. 

Anggaran Pemilu 2024 

Pertama, penambahan anggaran untuk pemilihan umum (Pemilu) pada 2024 mendatang. Hal ini karena persiapan pemilu kini, tidak hanya dilaksanakan di Papua, melainkan juga di tiga provinsi baru tersebut.

Selain itu, perhitungan alokasi kursi di DPR dan DPD-RI, daerah pemilihan, serta kebutuhan untuk memilih gubernur-wakil gubernur dan membentuk DPRD di tingkat provinsi, juga akan terpengaruh dengan adanya provinsi baru Papua ini. 

Diketahui, saat ini anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024 adalah sekitar Rp 77 triliun. Angka tersebut disepakati setelah berkali-kali rapat serta rasionalisasi anggaran antara KPU RI, pemerintah, dan DPR RI.

Pembentukan Polda 

Di sisi lain, provinsi baru juga mengharuskan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan markas untuk Kepolisian Daerah (Polda) di provinsi baru itu. Hal itu dilakukan setelah DPR mengesahkan 3 RUU DOB Papua.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X