Jabar Sukses Gelar Youth Innovation Festival Sebagai Ajang Inovasi Anak Muda Jawa Barat!

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:10 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan BI Prov. Jabar Herawanto, dan Walikota Bogor Bima Arya berfoto bersama pemenang Youth Innovation Hunt di acara Youth Innovation Festival.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan BI Prov. Jabar Herawanto, dan Walikota Bogor Bima Arya berfoto bersama pemenang Youth Innovation Hunt di acara Youth Innovation Festival.

Gelaran Main Event Youth Innovation Festival sukses digelar di secara luring dan daring di Alun-Alun Kota Bogor dan platform Metaverse YIF. Acara dibuka Zensa Rahman selaku ketua pelaksana, dilanjut oleh sambutan Kadispora Bogor, Herry Karnadi, dan terakhir ada sambutan juga oleh Walikota Bogor Bima Arya.

Setelah pembukaan, acara masuk ke panel diskusi. Ada beberapa 5 panel diskusi yang dibahas di Youth Innovation Festival. Tema pertama adalah tentang “Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni”.

Panel tersebut diisi oleh Alya Nurshabrina - Miss Indonesia 2018, Dian A. Purbasari - Direktur Yayasan Bakti Barito, dan Bijaksana Junerosano - Founder & CEO Waste4Change. Diskusi berlangsung seru yang dimoderatori oleh Savero Dwipayana ini membahas pentingnya peran pemuda dalam mempraktekkan dan mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan untuk generasi mendatang.

Kemudian dilanjut dengan panel diskusi dengan tema “Ketenagakerjaan Pemuda” bersama Bramantya A. Djaafara - Chief of Alterra Academy, Aurora Marsye - Co-Founder Lumina, dan Ridwansyah Yusuf Achmad - Ketua KNPI Jawa Barat yang dipandu oleh moderator Irfan Prabowo - Head of Marketing Lemonilo.

Pada sesi kali ini, poin penting pembicaraannya adalah pentingnya pemuda untuk mengasah soft skill dan agility dalam belajar hal-hal baru yang dibutuhkan dalam industri, hal ini juga butuh didukung dari pilar paling penting yaitu institusi pendidikan, institusi swasta, dan pemerintah.

Panel diskusi ketiga bertema “Transformasi Digital”. Panel ketiga ini diisi oleh Ahmad Rizqi Meydiarso - CEO Feedloop.io, Dekha Anggareska - CTO Credibook, Wafa Taftazani - Founder & CEO UpBanx (YC W22), dan Marcel Satria - Y20 Delegates bersama moderator Abdul Razak (Zaki) - Activation Manager Qoala. Pembahasan pada topik kali ini mengenai konektivitas dan cara-cara pemuda untuk bisa beradaptasi dengan kondisi terkini dunia digital.

Sesi panel diskusi yang keempat adalah sesi diskusi bersama dengan “Pemimpin Komunitas dan Bisnis”. Para pengisinya jelas merupakan orang-orang yang sudah bergerak di bidang komunitas dan bisnis. Adapun pengisinya antara lain Dharmaji Suradika - CEO Pemimpin.id dan Michael Sianipar - Co-Chair Y20 Indonesia untuk Komunitas dan Desy Bachir - CMO Samara Media & Entertainment serta Salman Subakat - CEO PT Paragon Technology & Innovation untuk Bisnis. Panel kali ini dimoderatori oleh Zensa Rahman - Executive Director Everidea Education.

Kemudian sesi panel diskusi dilanjutkan ke topik kelima yaitu mengenai “Keberagaman dan Inklusi” yang diisi oleh Riel Tasmaya - Chief Executive Officer INDOZONE, Iqbal Muslimin - Chief of Impact and Sustainability Evermos, dan Tita Djumaryo - Founder & CEO Ganara Art. Untuk panel diskusi terakhir ini dimoderatori oleh Gina Mardiana - AVP Account Manager Feedloop.io.

Dukungan dari Pemerintah

Suksesnya Youth Innovation Festival sendiri tak bisa dilepaskan dari dukungan pemerintah. Dalam hal ini pemerintah Jawa Barat berkolaborasi dengan anak muda guna memberi ruang diskusi dan implementasi hasil dari KTT Y20 di Indonesia dalam bentuk forum Youth Innovation Festival. 

Adapun Kang Emil dan Kang Bima Arya memberi sambutan mengenai JABARKAN yang tentu semakin menaikkan semangat inovasi para audiens yang datang menyaksikan langsung di Alun-Alun Kota Bogor maupun yang melalui platform Metaverse. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi Leadership Speech oleh Bapak Dody Budi Waluyo selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia dan dilanjutkan dengan sesi Pengukuhan GenBI (Generasi Bank Indonesia) oleh Bapak Herawanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Rangkain main event Youth Innovation Festival berlanjut dengan sesi pengumuman 3 Pemenang Terbaik Youth Innovation Hunt. Para pemenang tersebut antara lain:

  1. Renita Yulistiana (Gerakan Suka Baca)
  2. Fathir Agung Cahya (MERE / MEtakeun RErencangan)
  3. Putri Andini (Lebah Cerdas Indonesia)

Youth Innovation Hunt sendiri merupakan ajang adu kreativitas dan inovasi anak muda Jawa Barat yang mengacu pada 4 topik utama dari KTT Y20.  

Acara kemudian ditutup dengan ceria bersama alunan nada dari Mocca dan Febry Rufi! Dengan ditutupnya rangkaian acara Youth Innovation Festival ini diharapkan anak muda Jawa Barat dan Indonesia mampu menumbuhkan semangat #SemuaAmbilPeran sehingga mereka lebih berpartisipasi terhadap dunia dengan mengambil aksi nyata dalam berkontribusi untuk Indonesia lewat cara, keahlian dan perannya masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X