Viral Warga Ngebel Bikin Tol Sesek, Terbuat dari Bambu Melintasinya Serasa Uji Nyali

- Rabu, 30 November 2022 | 14:22 WIB
Jalan tol dari rangkaian bambu (Z Creators/Gayuh Satria)
Jalan tol dari rangkaian bambu (Z Creators/Gayuh Satria)

Sebuah jembatan terbuat dari bambu membentang sepanjang 150 km di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Jembatan yang dijuluki oleh warga sekitar ‘Tol Sesek Adiguno’ itu sempat viral di media sosial.

Usut punya usut, tol bambu ini dibuat oleh warga karena jalan utama penghubung Ponorogo-Madiun menuju Telaga Ngebel tertimbun longsor pada 21 Oktober 2022 lalu. 

-
Jalan tol darurat buatan warga (Z Creators/Gayuh Satria)

Tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah, akses jalan yang tertutup oleh timbunan material longsor itu sama sekali enggak bisa dilewati oleh warga. Lebih dari dua minggu warga harus rela memutar sejauh 7 kilometer untuk hanya sekedar menghubungkan ekonomi antar desa, yakni Desa Ngrogung, Sahang, dan Ngebel. 

Hingga akhirnya pada 13 November 2022 lalu warga pun bergotong royong untuk membuka akses jalan dan membersihkan material longsor dengan alat seadanya. 

-
Jalanan longsor menghambat aktivitas warga (Z Creators/Gayuh Satria)

Jalan yang diberi anyaman bambu selebar 1,5 meter itu melewati titik longsoran dari tebing setinggi 30 meter sehingga dinamakanlah Tol Sesek. 

Meski disebut tol, pengendara roda empat harus lebih bersabar karena Tol Sesek tersebut hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Sementara kendaraan roda empat dari Madiun yang hendak menuju Telaga Ngebel terpaksa harus melewati sisi selatan telaga via Kecamatan Jenangan yang lebih jauh. 

-
Warga memperbaiki jalanan bambu 'Tol Sesek' (Z Creators/Gayuh Satria)

Salah satu warga Madiun, Yani Lestari, menuturkan sangat terbantu dengan adanya jalan Tol Sesek tersebut. Meskipun harus khawatir dengan bekas longsor yang sewaktu-waktu juga bisa saja longsor kembali. 

“Setiap hari saya lewat sini, tapi ya takut juga, karena kalau hujan jalannya licin terkena lumpur, takut longsor juga, tapi ya daripada kalau memutar jauh,” tutur Yani. 

Baca Juga: Keren! Terompet Reog Buatan Mahasiswa Ponorogo Sukses Merajai Pasar Internasional

Ketua RT Desa Ngrogung, Sarjito, menerangkan jika pembuatan jembatan ini memang dari inisiatif warga Ngrogung, juga dibantu beberapa warga dari desa tetangga yang memang setiap harinya melewati jalan ini. 

Dengan alat seadanya, ada lebih dari 300 orang dikerahkan untuk membersihkan material yang menutup seluruh akses jalan.  

Artikel Menarik Lainnya:

Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Berkonsep Mataram Islam, Begini Detail Prosesinya

Resep Nasi Goreng Daun Mengkudu Khas Betawi, Dijamin Sehat dan Kaya Rasa

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X