Mukjizat Azka Bocah 4 Tahun Selamat, Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan Tanpa Makan Minum

- Rabu, 23 November 2022 | 16:21 WIB
Azka bocah 4 tahun saat mendapat perawatan usai tertimbun reruntuhan. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)
Azka bocah 4 tahun saat mendapat perawatan usai tertimbun reruntuhan. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)

Momen bocah 4 tahun korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, bertahan hidup setelah 3 hari di balik reruntuan bangunan viral di media sosial.

Sungguh 'mukjizat' bocah itu akhirnya bisa selamat setelah. Dia mendapat evakuasi oleh tim penyelamat gabungan.

Berdasarkan video Bogor24update tampak bocah yang diketahui bernama Ade Adzka itu digendong.

"Masya Allah, alhamdulillah, km selamat dek, mimin ikut jadi saksi pas tadi evakuasi si adeknya.. Ade Adzka 6 tahun, bertahan di reruntuhan selama 3 hari dan berhasil dievakuasi dengan selamat," tulis keterangan yang diberikan.

Belum diketahui bagaimana bocah itu bisa bertahan di balik reruntuhan bangunan, namun setelah dievakuasi para penyelamat berusaha agar bocah tersebut bisa bertahan dan kembali bugar.

"Note: ada audio "tahan dulu" maksudnya kasih minum dulu maksudnya... td yg ngomong itu sebelah mimin, jadi temen2 jurnalis yg rekam ga ngomong itu... karena 3 hari itu oksigennya belom lancar, mkaudnya pertolongan pertama...," tulis akun tersebut dikutip Indozone, Rabu (23/11/2022).

Dikutip dari ANTARA, Azka selama 60 jam terkurung dalam reruntuhan dan kesunyian panjang. Tanpa makan dan minum.

Seolah ada “mukjizat” bagi Azka. Tembok yang runtuh masih tertahan tembok lain sehingga tidak menimpa bocah ini.

Namun tidak demikian dengan ibu kandungnya yang sebelumnya ditemukan dalam kondisi meninggal. Neneknya yang serumah dengannya, hingga Rabu siang juga belum ditemukan.

"Kasihan (anak) ini," dua kata terucap dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD saat menjenguk Azka Maulana Malik di RSUD Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu.

Azka merupakan salah satu dari 151 orang yang dinyatakan hilang oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berdasarkan data Selasa (22-11). Namun Azka berhasil ditemukan pada Rabu, pukul 11.15 WIB di rumahnya yang ambruk.

Bocah tersebut merupakan warga dari Kampung Rawa Cina, Desa Nagrak, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Adapun Kecamatan Cugenang merupakan wilayah paling parah terdampak  akibat gempa yang terjadi pada Senin (21-11), pukul 13.21 WIB.

Dengan kejadian gempa pada Senin itu, Azka belum diketahui nasibnya selama 3 hari dua malam di tengah reruntuhan bangunan rumahnya. Ia bertahan hidup tanpa makan maupun minum.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X