Pemprov DKI Jakarta Menempati Urutan Pertama pada Realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri

- Jumat, 11 November 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi DKI Jakarta (INDOZONE/M. Fadli)
Ilustrasi DKI Jakarta (INDOZONE/M. Fadli)

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengungkapkan Provinsi DKI Jakarta menempati urutan pertama pada realisasi PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

Menurut Benni PMDN tersebut menempati posisi pertama dalam periode Januari sampai dengan September tahun 2022 yakni sebesar Rp 64,8 triliun.

"Sedangkan realisasi PMA (Penanaman Modal Asing) sebesar USD 3,1 miliar (Rp 44,1 triliun), berdasarkan catatan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)," ujar Benni melalui keterangan tertulis pada Jumat (11/11/2022).

Dengan demikian, Benni menyatakan realisasi investasi PMA dan PMDN DKI Jakarta periode Januari sampai dengan September 2022 sebesar Rp 108,9 triliun.

"Capaian tersebut meningkat 50,2 persen dibandingkan tahun 2021 dengan nilai Rp 72,5 triliun pada periode yang sama," sambung Benni.

Menurut Benni peningkatan realisasi investasi tidak terlepas dari peran pemerintah dalam mendorong transformasi perekonomian melalui Undang- Undang Cipta Kerja serta penanganan pandemi COVID-19 secara optimal.

Benni menyatakan optimis bahwa DKI Jakarta mampu mencapai target realisasi sebesar Rp 124,5 triliun pada akhir tahun sesuai target yang ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja (Perkin) DPMPTSP DKI Jakarta tahun 2022.

“Alhamdulillah, kinerja investasi DKI Jakarta mencatatkan hasil yang positif. Secara kumulatif realisasi investasi PMA dan PMDN DKI Jakarta periode Januari sampai dengan September 2022, sebesar Rp 108,9 triliun," sambung Benni.

Benni menyatakan hal ini menjadi salah satu bukti transformasi perekonomian melalui kebijakan Undang- Undang Cipta Kerja dan juga keberhasilan Pemprov DKI Jakarta dalam menangani kasus COVID-19 secara optimal selama 2 tahun terakhir.

"Terjaganya pertumbuhan investasi ini membuat kami yakin bahwa DKI Jakarta mampu menyentuh target realisasi investasi 2022, sebesar Rp 124,5 triliun," kata Benni.

Sementara itu, menurut Benni untuk realisasi investasi PMA dan PMDN Provinsi DKI Jakarta Triwulan III (periode Juli sampai dengan September) tahun 2022 tercatat mencapai Rp 28,4 triliun.

Terdiri dari PMA sebesar USD 0,97 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun dan PMDN sebesar Rp 14,4 triliun, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

"Jumlah realisasi investasi yang diperoleh adalah Rp 23,9 triliun, dengan demikian telah terjadi peningkatan nilai realisasi investasi sebesar 18,8 persen pada triwulan ketiga di tahun ini," tambah Benni.

Benni menambahkan, untuk sektor usaha terbesar realisasi PMA pada Triwulan III tahun 2022 terdiri dari sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi, sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran, sektor jasa lainnya, sektor perdagangan dan reparasi, serta sektor pertambangan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X