The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lokasi Genangan di DKI Jakarta Bertambah Menjadi 68 RT
Hujan deras membuat sejumlah wilayah di Jakarta tergenang air (Instagram/@jktinfo)
News

Lokasi Genangan di DKI Jakarta Bertambah Menjadi 68 RT

Lokasi Genangan di DKI Jakarta Bertambah Menjadi 68 RT

Sabtu, 05 November 2022 17:45 WIB 05 November 2022, 17:45 WIB

INDOZONE.ID - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Sabtu (5/11/2022) menyebabkan bertambahnya jumlah genangan.

Hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, mencatat wilayah yang tergenang semula hanya terdapat 2 RT dan 10 ruas Jalan, kini bertambah menjadi 68 RT dan 6 ruas jalan.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 10 ruas jalan tergenang dan 2 RT, saat ini menjadi 6 ruas jalan tergenang dan 68 RT," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Iswana Adji melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/11/2022)

Berdasar data yang diperoleh dari BPBD DKI Jakarta, berikut 68 RT di Jakarta Selatan yang masih terdampak genangan:

Kelurahan Bintaro, terdapat genangan di 2 RT dengan ketinggian genangan 40-50 sentimeter, yang disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan.

Kelurahan Pesanggrahan, terdapat genangan di 11 RT dengan ketinggian genangan 50 sentimeter, yang disebabkan curah hujan tinggi, luapan Kali Pesanggrahan dan luapan kali uangan.

Kelurahan Cipete Utara, terdapat genangan di 3 RT dengan ketinggian genangan mencapai 50-70 sentimeter, yang disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut.

Kelurahan Petogogan, terdapat genangan di 38 RT dengan ketinggian genangan mencapai 75 sentimeter, yang disebabkan oleh curah hujan tinggi serta luapan Kali Krukut.

Kelurahan Cipulir, terdapat genangan di 1 RT dengan ketinggian genangan mencapai 100 senrimeter, yang disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan.

Kelurahan Kebayoran Lama Utara, terdapat genangan di 1 RT dengan ketinggian genangan mencapai 40 sentimeter, yang disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Grogol

Kelurahan Gandaria selatan,terdapat genangan di 3 RT dengan ketinggian genangan mencapai 75 sentimeter, yang disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kalo Grogol.

Kelurahan Cilandak Timur, terdapat genangan di 2 RT dengab ketinggian genangan mencapai 110 sentimeter, yang disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut.

Kelurahan Tegal Parang, terdapat genangan di 7 RT dengan ketinggian genangan mencapai 50-60 sentimeter, yang disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan kali mampang.

Baca Juga: DPRD DKI Jakarta Targetkan APBD Tahun Anggaran 2023 Selesai Akhir November

Sementara terdapat 6 ruas jalan yang masih tergenang, yakni:

1. Jl. Ciledug raya (SESKOAL), Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm

2. Jl. Dharmawangsa raya Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan ketinggian 20 cm

3. Jl. Ciledug Raya Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan ketinggian 40 cm

4. Jl. Kesehatan Raya Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan ketinggian 50 cm

5. Jl.Kesehatan VI Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm

6. Jl. Kemang raya Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dengan ketinggian 40 cm

Sedangkan untuk 4 ruas jalan yang sudah surut, sebagai berikut:

1. Jl. Raya Fatmawati Kel. Cipete Selatan, Jakarta Selatan

2. Jl. RS. Fatmawati Raya Kel. Cipete Utara (ITC Fatmawati), Jakarta Selatan

3. Jl. Haji Nawi, Kel. Gandaria Selatan, Jakarta Selatan  

4. Jl.kirai Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Baca Juga: 10 Ruas Jalan, 2 RT, dan 9 Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras Guyur DKI Jakarta

Selain itu BPBD DKI Jakarta juga telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dengan berkoordinasi dengan dinas maupun stakeholder terkait.

"BPBD DKI berkoordinasi dengan Dinas SDA, Dinas Bina Marga dan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta dibantu para lurah serta camat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik," sambung Isnawa

Oleh karena itu BPBD DKI Jakarta menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan yang terjadi.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkas Isnawa

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US