Air Siraman Kaesang Pangarep Berasal dari 7 Sumber Mata Air, Salah Satunya Rumah Jokowi

- Selasa, 6 Desember 2022 | 12:30 WIB
Gibran menjelaskan prosesi siraman adiknya (Z Creators/Ari Welianto)
Gibran menjelaskan prosesi siraman adiknya (Z Creators/Ari Welianto)

Calon mempelai Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi siraman di kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) di daerah Sumber, Jumat (9/12/2022).

Ada tujuh sumber mata air yang akan dipakai untuk prosesi siraman putra bungsu Presiden Jokowi ini.

Tujuh sumber mata air tersebut, yakni Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran Surakarta, Masjid Agung, Masjid Al Wustho, Daerah Pengging, kediaman di Sumber, dan kediaman eyang di daerah Boyolali.

"Ada tujuh sumber mata air untuk prosesi siraman. Itu sama yang digunakan dulu," terang juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka, Senin (5/12/2022).

Nantinya yang akan menyirami saat proses siraman adalah saudara Presiden Jokowi yang sudah pernah mantu.

Prosesi siraman akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan hanya dihadiri oleh keluarga inti.

"Yang menyirami itu yang sudah pernah mantu. Jadi pakde dan budhe semuanya karena mereka sudah pernah mantu, ada tujuh orang nanti," papar Wali Kota Solo ini.

Selain Siraman, juga akan dilakukan, beleketepe (tanda dimulainya pernikahan) oleh Presiden Jokowi, pengajian dan semakan Al-Qur'an di kediaman daerah Sumber.

Dalam prosesi itu yang diundang hanya keluarga. Untuk tamu undangan akan difokuskan saat tasyakuran pada Minggu (11/12/2022).

”Pemasangan bleketepe Jumat pagi, lalu pengajian dan semakan Al-Qur'an. Midodareni Jumat Malam," ungkap dia.

Gibran menambahkan, prosesi siraman dan sebagainya juga dilakukan oleh Erina S. Gudono di Yogyakarta. Waktunya juga dilakukan satu hari menjelang akad nikah atau Jumat (9/12/2022).

"Di Yogyakarta juga melakukan prosesi siraman dan pengajian. Waktunya berbarengan antara yang di Solo dan Yogyakarta," pungkas Gibran.

Prosesi siraman merupakan salah satu rangkaian dalam pernikahan adat Jawa. Tradisi ini dilakukan sebelum proses pernikahan atau ijab kabul.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X