Dear Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini 6 Situs Bikin Skripsimu Cepat Kelar
photo/Ilustrasi/Unsplash
News

Dear Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini 6 Situs Bikin Skripsimu Cepat Kelar

Rizka
Senin, 15 Juli 2019 16:10 WIB 15 Juli 2019, 16:10 WIB

Bagi para mahasiswa yang sudah di semester akhir perkuliahan, pasti nggak jauh-jauh dari namanya skripsi. Ya, skripsi adalah tugas wajib yang harus diselesaikan mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana.

Proses mengerjakan skripsi dari awal hingga akhir bukanlah hal yang mudah. Bahkan, bisa membuat mahasiswa uring-uringan karena pusing menggarap skripsi. Pengumpulan data, landasan teori, dan referensi merupakan hal penting dalam penyusunan skripsi. Inilah yang kerap menjadi kendala para mahasiswa.

Seringkali, hal itu membuat mahasiswa sampai menghabiskan waktu di perpustakaan kampus untuk mencari referensi penulisan skripsi yang baik. Tentu ini cukup merepotkan dan memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikan skripsi.

Nah, alternatif lainnya adalah mencoba mencari referensi di website-website ilmiah yang terakreditasi, diakui, dan tentunya gratis. Supaya skripsimu makin cepat selesai, kamu bisa mengunjungi 6 situs referensi berikut ini:

1. Google Scholar

scholar.google.co.id
scholar.google.co.id

Salah satu layanan milik Google ini bisa memudahkanmu mencari referensi penelitian dalam format publikasi. Kamu bisa mencari publikasi terkait sesuai dengan topik yang kamu butuhkan untuk skripsi.

2. Academia

www.academia.edu
www.academia.edu

Academia adalah jejaring sosial untuk para akademisi yang sering digunakan sebagai media sharing makalah penelitian. Namun, di sini kamu hanya bisa mencari jurnal yang memang diunggah oleh pengguna Academia. Artinya, cakupannya tidak terlalu lengkap.

3. Indonesian Publication Index (IPI)

id.portalgaruda.org
id.portalgaruda.org

IPI atau Portal Garuda adalah mesin pencari jurnal seperti Google Scholar. Namun, situs ini hanya berisi jurnal-jurnal berbahasa Indonesia. Sistem mencarinya mudah, tinggal masukkan kata kunci di kolom pencarian.

4. Open Library

openlibrary.org
openlibrary.org

Situs ilmiah ini melibatkan seluruh penggunanya. Kamu pun bisa mengakses jurnal maupun e-book gratis dan bisa dibaca kapan pun secara offline atau tanpa koneksi internet.

5. Perpustakaan Nasional Indonesia

www.pnri.go.id
www.pnri.go.id

Nah, ini adalah situs yang dikelola langsung oleh pemerintah Indonesia. Dalam situs ini, ada banyak jurnal ilmiah yang bisa diunduh secara gratis. Tapi, pastikan kamu sudah mendaftar sebagai anggota ya.

6. Microsoft Academic

academic.research.microsoft.com
academic.research.microsoft.com

Microsoft juga punya layanan untuk jurnal ilmiah, namanya Microsoft Academic. Di sini, kamu bisa mencari referensi jurnal secara spesifik, mulai dari jurusan dan bidang kuliah.

    TAG
    Indozone Media
    Indozone Media

    Rizka

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE