Terungkap, Ini Waktu Masyarakat Belanja Online Selama Ramadan

- Rabu, 29 April 2020 | 21:09 WIB
Ilustrasi belanja online. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi belanja online. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Saat ini minat belanja online di tengah masyarakat mengalami peningkatan. Salah satu pemicunya lantaran ada kekhawatiran terpapar virus corona (Covid-19) apabila bepergian ke luar rumah walau hanya sekadar untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Selain itu, banyaknya waktu di rumah juga membuat masyarakat lebih sering melihat situs belanja online.

Di bulan Ramadan seperti sekarang, animo masyarakat untuk belanja online juga bisa meningkat. Sebab banyak platform yang biasanya memberikan berbagai penawaran.

Mulai dari gratis pengiriman, potongan harga, hingga undian berhadiah. Hal ini diakui oleh Public Relations Shopee Indonesia, Aditya Maulana Noverdi.

"Big Ramadan Sale tuh selalu yang dinanti oleh pengguna karena banyak promo dan juga banyak masyarakat yang suka belanja online," kata Adit dalam suatu tayangan siaran langsung, Rabu (29/4/2020).

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, ada waktu-waktu khusus dimana tingkat penggunaan aplikasi belanja online cukup tinggi.

-
Ilustrasi belanja online. (Pexels/Andrea Piacquadio)

 

"Kalau menurut insight yang saya dapat dari salah satu sosial media terbesar di dunia, biasanya yang banyak penetrasi pengguna pada saat menjelang buka puasa dan sahur. Banyak banget yang melakukan pencarian online, kata kunci, seperti window shopping," ujar Adit. 

Biasanya produk yang banyak dicari saat bulan Ramadan adalah fashion. Dikatakan oleh Adit, fashion muslim seperti hijab, gamis, dan baju koko menjadi top kategori. Hal ini tidak mengherankan mengingat mayoritas masyarakat di Indonesia beragama Islam dan biasanya senang membeli baju baru mendekati Idul Fitri.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 juga membuat barang-barang dari kategori lain banyak dicari terutama untuk kesehatan dan kebutuhan sehari-hari. Sekarang ini pencarian kata kunci untuk barang-barang dari dua kategori itu mengalami peningkatan. 

"Kategori kesehatan menjadi kategori pencarian tertinggi satu bulan terakhir karena adanya pandemi. Banyak yang cari masker, hand sanitizer," pungkas Adit.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X